Rektor Unasman Raih Doktor Sosiologi di Universitas Negeri Makassar


BUGISWARTA.com, Makassar -- Rektor perempuan disalah satu perguruan tinggi di Kabupaten Polewali Mamasa (Polman)  meraih gelar doktor(S3)  sosiologi di program pascasarjana Universitas Negeri Makassar (UNM), Senin 24 Juli 2017.

Mereka adalah Rektor Universitas Al Asyariah Mandar Chuduriah Sahabuddin.  Chuduriah meneliti Konfigurasi Elit Politik di Polewali Mandar.

Dihadapan penguji  yang dipimpin langsung Rektor UNM, Prof. Dr. H. Husain Syam,  MT, Chuduriah yang juga salah seorang tokoh perempuan Mandar ini lulus dengan predikat sangat memuaskan dengan nilai IPK 3,95.

Dalam penyusunan disertasi doktor, Chuduriah dibimbing oleh Prof Dr Ir Darmawan Salman, MS (promotor), Prof Dr Andi Agustang, M.Si (koopromotor).

Chuduriah dosen DPK Kopertis IX ini adalah doktor sosiologi ke 133 di UNM serta doktor ke 587 di program pascasarjana UNM, dalam disertasi doktornya, telah berkesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi habitus perilaku politik elit 3M adalah keluarga dan organisasi.

Cara klan Mengga dan klan Manggabarani dalam memperoleh panggung kekuasaan dengan menggunakan habitus vertikal (negara memberikan ruang) melalui elemen kekuasaan negara  (TNI). Sementara klan Masdar memperoleh panggung kekuasaan dengan memperluas dan mempertahankan jaringan oganisasi sosial atau disebut sebagai habitus horisontal.

Adapun cara ketiga adalah klan dalam melanggengkan kekuasaan meski berbeda namun memiliki satu kepentingan yakni memperkuat dan melanggengkan politik dominan. 


NASRULLAH/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.