Pilihan Menu Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi -->
Cari Berita

Pilihan Menu Sarapan Sehat Agar Tubuh Berenergi



Selalu memulai hari tanpa sarapan? Coba ubah kebiasaan lama tersebut. Dengan sarapan, tubuh menjadi lebih berenergi dan siap menghadapi seabrek aktivitas sehari-hari. Namun sebelumnya, pastikan Anda mengisi perut dengan mengonsumsi menu sarapan sehat.

Selain membuat tubuh berenergi, mengonsumsi menu sarapan sehat dapat memberikan efek positif lainnya untuk kesehatan, seperti mengontrol berat badan, meningkatkan konsentrasi dan kinerja, serta mencegah meningkatnya kadar kolesterol.

Lantas, asupan apa saja yang harus ada dalam menu sarapan sehat? Mungkin beberapa orang beranggapan asupan yang baik dikonsumsi saat sarapan adalah makanan berkarbohidrat seperti sereal batangan yang rendah serat atau roti tawar putih. Namun anggapan itu salah. Kedua jenis makanan tersebut merupakan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk kesehatan. Mengonsumsi karbohidrat olahan bisa memicu kadar insulin atau gula darah meningkat.

Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh (nasi merah, roti gandum utuh), buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Selain karbohidrat, hiasi pula piring Anda dengan makanan yang mengandung protein. Asupan tersebut bisa menjaga stamina sepanjang pagi hari dan mencegah rasa lapar hingga jam makan siang tiba.
Terdapat 8 pilihan menu sarapan sehat yang patut Anda ketahui, sekaligus dapat Anda coba.
  • Satu butir telur rebus dan satu buah pisang.
  • Telur omelet dicampur sayuran dan roti gandum utuh yang dipanggang.
  • Jus pisang yang dicampur susu rendah lemak dan satu lembar roti gandum.
  • Oatmeal dicampur susu rendah lemak, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
  • Sereal biji-bijian utuh dicampur susu rendah lemak dan buah-buahan.
  • Yogurt rendah lemak dicampur buah-buahan.
  • Susu coklat, selembar roti yang terbuat dari biji-bijian utuh yang dipanggang, dan buah-buahan.
  • Sepotong buah segar dicampur yoghurt rendah lemak.
Mungkin sulit menyempatkan waktu untuk menyiapkan dan mengonsumsi sarapan. Apalagi pagi hari dikenal sebagai jamnya orang sedang terburu-buru untuk berangkat kerja. Namun hal itu bisa diatasi dengan membuat jadwal khusus untuk sarapan seperti Anda bisa bangun lebih pagi agar bisa menyantap sarapan.
Sebisa mungkin sarapan di meja makan. Hindari makan sambil menonton televisi, terutama jika Anda sedang terburu-buru, karena hal itu mungkin bisa mengalihkan perhatian Anda.

Agar mempersingkat waktu saat menyiapkan menu sarapan sehat, sebaiknya siapkan bahan-bahan makanan pada malam hari sebelum Anda tidur. Jadi ketika pagi hari, Anda bisa dengan mudah memprosesnya tanpa harus mencari di mana letak bahan-bahan makanan tersebut.

Mengonsumsi menu sarapan sehat merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Oleh karena itu, sebaiknya pertahankan pola makan seperti ini. Dengan sarapan, Anda juga bisa terbebas dari mengonsumsi camilan tidak sehat yang bisa berdampak pada kesehatan dan juga berat badan Anda.

Sumber : Alodokter.com

MULIANA AMRI