Penilaian Lomba Desa Regional III, Desa Batu Belerang Lolos 5 Besar -->
Cari Berita

Penilaian Lomba Desa Regional III, Desa Batu Belerang Lolos 5 Besar


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Tim klarifikasi lapangan telah tiba di Desa Batu Belerang Kecamatan Sinjai Borong Kabupatan Sinjai dalam rangka penilaian lomba desa/kelurahan tingkat Regional III (Kalimantan dan Sulawesi). Kamis 20 Juli 2017.

Tim Klarifikasi lomba desa terdiri dari empat orang, yang diketuai oleh Valentinus Sudardjanto Sumito S.SIP., M.Si. dan anggota Dr. Nasrullah,  Rini Syahrini,  dan Elida Siagian.

Ketua Tim Klarifikasi lomba desa Valentinus Sudardjanto Sumito dalam sambutannya mengatakan Batu Belerang masuk lolos urutan 5 (lima) besar dalam penilaian lomba desa Regional III (Kalimantan Sulawesi) dengan menilai 11 Provinsi, 118 Kabupaten, 1486 Kecamatan, dan 15.239 Desa. 

Lanjut Valentinus bahwa tim ini akan melalukan penilaian seobjektif mungkin, dan hasil temuan kami akan kami paparkan  di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Adapun indikator penilaian diantaranya Bidang Pemerintahan, Bidang Kemasyarakatan, dan Bidang Kewilayahan".

Valentinus juga berharap agar Desa Batu Belerang bisa masuk 3 (Tiga) besar dalam penilaian Regional III, kepada unsur pemerintah daerah agar terus dapat melakukan pembinaan pasca penilaian, saya juga berharap agar ibu-ibu bisa mengambil peran dalam perencanaan pembangunan desa. 

Valentinus juga memuji Desa Batu Belerang dengan suasana yang begitu dingin dan sejuk.

Sementara itu Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya dalam sambutannya meminta kepada tim penilai lomba desa untuk melakukan penilaian yang objektif dan profesional.

Bupati Sinjai juga mengatakan bahwa sebelumnya Kabupaten Sinjai pernah juara satu lomba desa tingkat nasional pada tahun 2007, yang pada saat itu diwakili oleh Desa Tompobulu Kecamatan Bulupoddo.

"Dengan melihat kondisi Desa Batu Belerang dengan berbagai sarana pendukung pemerintahan, maka saya berkeyakinan sejarah satu dasawarsa piala Adikarya Bhakti Praja akan kembali bersemayam di tanah Batu Belerang bumi taman hutan raya," ucap Sabirin.

Pada kesempatan itu juga Kepala Desa Batu Belerang Ahmad. P. memaparkan pelaksanaan pembangunan Desa Batu Belerang dihadapan tim penilai lomba desa, dan seluruh tamu undangan yang hadir.

Hadir dalam Kegiatan tersebut unsur Forkopimda kabupaten Sinjai, Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Para Asisten Setdakab Sinjai, para Staf Ahli Bupati Sinjai, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sinjai, para Kepala OPD Kabupaten Sinjai, para Kepala Bagian Setdakab Sinjai, para Camat Se-Kabupaten Sinjai, Kepala Desa Batu Belerang, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda Desa Batu Belerang.

BURHAN/MULIANA AMRI