Meriahkan Deklarasi ODF di Desa Bontolempangan Panitia Pancang Empat Belas Petak Tenda Terowongan


BUGISWARTA.com, Selayar -- Panitia deklarasi Open Defecation Free (ODF)Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan terus memantapkan persiapan menjelang hari H yang jatuh pada hari Selasa, (18 Juli 2017). Empat belas petak tenda terowongang dipancang panitia pelaksana di lapangan Tunas Muda kampung Tenro, Desa Bontolempangang, Kecamatan Buki.

Tenda-tenda tersebut masing-masing akan difungsikan sebagai stand pameran sudut buah dan sayur, stand menu kuliner khas Kecamatan Buki, stand panggung hiburan, posko layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Satu petak tenda dipersiapkan khusus panitia untuk menampung tamu undangan dari luar wilayah Kecamatan Buki. Sementara tenda lainnya, didesign maksimal sebagai lokasi VIP yang akan ditempati oleh tamu dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Bupati Kepulauan Selayar, bersama segenap jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, anggota dan Pimpinan DPRD, serta para kepala organisasi pemerintah daerah (OPD).

Pembangunan pintu gerbang yang dirangkaikan dengan pemasangan umbul-umbul, tenda terowongan dan dekorasi tribun lapangan dilakukan panitia mulai dari hari sabtu-Minggu (16 Juli) malam.

Baruga Sayang “Pa’rapungang” ditata secara apik dan rapi sebagai  panggung utama untuk menerima tamu kehormatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama segenap rombongan, termasuk dari jajaran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Persiapan lain dituangkan panitia melalui penyiapan satu ekor sapi yang akan menjadi salah satu menu hidangan pada rangkaian acara deklarasi Open Defecation Free (ODF) pada hari Selasa, (18 Juli).

Sekretaris Pokja Kabupaten sehat, Muh. Arsyad, SKM menjelaskan, penunjukan Desa Bontolempangan selaku tuan rumah penyelenggaran deklarasi ODF didasarkan pada ketersediaan sarana-prasarana wc, kamar mandi, dan mck umum di Desa Bontolempangan yang tercatat telah mencapai seratus persen dengan mendasari hasil verifikasi tim di lapangan.

Deklarasi ini merupakan salah satu bentuk upaya nyata Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, bersama segenap komponen masyarakat dan instansi berkompoten untuk menunjukkan kesiapan daerah di semenanjung paling selatan ini untuk menjadi perwakilan kabupaten sehat di Indonesia melalui pembentukan tiga puluh desa ODF sebagai bentuk persyaratan mutlak untuk dapat ditetapkan menjadi kawasan ODF semesta dan sekaligus prasyarat penetapan kabupaten sehat.

Sejumlah rangkaian acara dipersiapkan panitia untuk memeriahkan penyelenggaraan deklarasi ODF di Desa Bontolempangan. Adapun rangkaian acara tersebut diantaranya, demonstrasi aktivitas fisik berupa pertunjukan senam kebugaran yang melibatkan dua puluh orang peserta dari kalangan Pengurus Tim Penggerak PKK desa, dan ibu-ibu rumah tangga lainnya.

Melalui kegiatan ini, masyarakat diharapkan akan secara bertahap membudayakan aktivitas fisik dengan berolahraga minimal tiga puluh menit sehari sebelum melakukan rutinitas lain di pagi hari.

Kegiatan lain dituangkan panitia dalam bentuk sosialisasi mengkonsumsi sayur dan buah melalui pameran sudut buah, serta layanan pemeriksaan kesehatan dalam rangka untuk membangun kesadaran memeriksakan kesehatan secara berkala (general chek up) pertiga bulan sekali sebagai salah satu indikator akan mulai tumbuhnya kesadaran perilaku hidup sehat di masyarakat.

Pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis akan dihandle oleh tiga Puskesmas di kecamatan sebelah utara kota Benteng yakni, Puskesmas Polebunging, Buki, dan Puskesmas Bontomate’ne, serta satu  tim dari dinas kesehatan kabupaten. Masing-masing puskesmas akan melibatkan dua tim yang diperkuat oleh pelibatan dan pemberdayaan tenaga kesehatan lokal,  dan kader posyandu,   jelas mantan Sekretaris Dinas Pariwisata Kepulauan Selayar kepada wartawan pada hari Senin, (17 Juli).

Kunjungan tim Kementerian kesehatan Republik Indonesia yang didampingi oleh tim Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel murni untuk menghadiri acara deklarasi ODF di Kabupaten Kepulauan Selayar dan sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan persiapan verifikasi penilaian kabupaten sehat.

Kegiatan verifikasi dan penilaian kabupaten sehat baru akan dilaksanakan pada minggu ke empat bulan Juli 2017 nanti. Kegiatan ini murni merupakan rangkaian acara deklarasi desa ODF dan sekaligus memperlihatkan bukti kesiapan serta kesungguh-sungguhan Kabupaten Kepulauan Selayar untuk  dinobatkan sebagai kawasan ODF semesta melalui kepemilikan tiga puluh desa ODF sebagai prasyarat mutlak untuk dapat ditetapkan sebagai kawasan ODF semesta berdasarkan kriteria Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pungkasnya. 

FADLY SYARIF/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.