Dukung Selayar Sebagai Kawasan ODF Semesta Puskesmas Buki Siap Stop BABS Menuju Jamban Improve


BUGISWARTA.com, Selayar -- Jajaran Puskesmas Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan menyatakan kesiapan dan dukungan terhadap program pengentasan BABS dalam rangka untuk menyukseskan pencanangan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai kawasan ODF (Open Defecation Free) semesta dengan terus menggalakkan kegiatan sosialisasi pemanfaatan jamban keluarga.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Buki, Burhanuddin, SKM saat ditemui wartawan di ruang kerjanya hari Jum’at (21/07) pagi. Dikatakannya, pemanfaatan jamban dan atau wc sehat  dimaksudkan sebagai salah satu bentuk upaya untuk mencegah penularan penyakit perut, pencernaan, dan kecacingan

Selain itu, pemanfaatan jamban juga dimaksudkan untuk mencegah pencemaran air permukaan dan sumber air minum, sekaligus mencegah pencemaran permukaan tanah dan bau tidak sedap yang ditimbulkan oleh budaya BABS di masyarakat. Intinya kata dia, Puskesmas Kecamatan Buki, siap menyetop BABS menuju jamban improve

Terkait akan hal tersebut, Puskesmas Kecamatan Buki telah berulangkali menggelar sosialisasi ke masyarakat dengan memanfaatkan dukungan dua unit armada mobil ambulance yang diperuntukkan untuk mendukung kelancaran kegiatan pelayanan puskesmas keliling (puskel) dan atau pemberian layanan kesehatan mobile kepada masyarakat.

Layanan kesehatan maksimal dan prima siap diberikan Puskesmas Kecamatan Buki dengan memanfaatkan ketersediaan dua unit armada mobil ambulance yang telah diberikan oleh Dinas Kesehatan untuk mempermudah aksesibilitas antar jemput pasien dari rumah ke puskesmas dan sebaliknya. Lebih jauh, aparat Puskesmas Buki juga menyatakan kesiapan untuk menghandle layanan antar jemput jenazah sebagaimana ungkapan, Kepala Puskesmas, Burhanuddin, SKM.

FADLY SYARIF/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.