Sembarangan Pilih Makanan Picu Kambuhnya Penyakit Saat Lebaran



Bagi para penderita penyakit kronis, godaan paling berat di Hari Lebaran adalah menu makanan yang begitu beragam dan sangat membangkitkan selera. Jika tidak bijak dalam memilih, beberapa jenis makanan bisa memicu kambuhnya penyakit.

Makanan yang rentan memicu kekambuhan pada penderita penyakit kronis antara lain makanan berlemak dan mengandung santan. Bagi penderita hiperlipidemia atau kelebihan lemak dalam darah, makanan-makanan tersebut dapat memicu peningkatan kadar kolesterol jahat.

Untuk mencegah kekambuhan penderita kelebihan lemak maupun kolesterol disarankan untuk membatasi makanan berlemak. Kalaupun sulit menghindari karena tidak tahan dengan godaannya, maka harus dipastikan porsinya harus terkontrol sehingga tidak berlebihan.

Adapun makanan yang harus dihindari atau minimal dibatasi pada orang-orang yang bermasalah dengan lemak dan kolesterol antara lain sebagai berikut.

1. Mentega, goreng-gorengan. Jika memungkinkan sebaiknya menggunakan minyak zaitun atau minyak canola.
2. Daging sapi berlemak, gajih sapi dan gajih kambing
3. Keju, sosis dan susu lemak tinggi
4. Udang, kepiting, kerang, siput dan belut
5. Cumi-cumi
6. Kuning telur
7. Otak sapi
8. Telur puyuh

Sementara bagi penderita diabetes atau kencing manis, makanan-makanan yang banyak mengandung gula sebaiknya masuk dalam daftar pantangan. Makanan-makanan manis seperti itu dapat memicu komplikasi diabetes baik yang bersifat akut (seketika) maupun kronis (menahun).

Sumber : detikhealth

MULIANA  AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.