Pengangkutan Sampah Lambat, Tumpukan Sampah di Pasar Mare Timbulkan Bau Tak Sedap


Masih terlihat tumpukan sampah di Pasar Mare  yang belum diangkut oleh pengelola kebersihan

BUGIWARTA.com, Bone -- Sampah yang menumpuk di depan Pasar Mare, Kecamatan Mare Kabupaten Bone menimbulkan bau yang tidak sedap akibat tumpukan sampah tersebut.

Lurah Padaelo yang ditemui di kediamannya mengungkapkan bahwa bau tidak sedap itu dikarenakan sampah yang ada di bagian bawah tidak pernah diangkut.

"Bau yang tidak sedap itu dikarenakan sampah yang ada di bagian bawah tidak diangkut, hal ini terjadi akibat kendaraan yang disiapkan pengelola kebersihan tidak bisa mengangkut semua sampah yang ada." Ungkap Ansar, S.Pd.

Ansar berharap sampah yang ada di depan pasar tersebut bisa diangkut semua agar bau tidak sedap tidak lagi membuat penciuman pengunjung pasar terganggu.

Sementara itu, pihak pengelola kebersihan yang ditemui mengungkapkan bahwa sampah yang ada di depan pasar tersebut sudah diangkut sebagian, akan tetapi tidak bisa mengangkut semua sampah dengan alasan keterbatasan kendaraan pengangkut.

"Kami sudah angkut semalam (Kamis Malam, 29 Juni 2017) menggunakan kendaraan yang kami sewa, tapi tidak bisa diangkut semua," terang Bale yang ditugaskan menjaga kebersihan pasar.

Bale juga menambahkan bahwa keterbatasan peralatan seperti sekop, cangkul dan gerobak membuatnya kesulitan untuk membersihkan semua sampah yang ada.    

Kepala UPT Pasar Mare, Andi Baso Bintang yang juga dihubungi melalui sambungan telepon mengungkapkan bahwa tidak ada anggaran khusus untuk pengelolaan kebersihan pasar dan mengenai keterbatasan peralatan pengelola pasar akan segera dibelikan.

"Tidak ada anggaran khusus pengelolaan kebersihan pasar ndi, dan jika memang Bale (pengelola kebersihan Pasar Mare) kekurangan peralatan maka kami akan segera membelikannya," ungkap Andi Baso Bintang.

Sekadar diketahui, Pasar Mare yang merupakan pusat perputaran perekonomian masyarakat Kecamatan Mare ini merupakan pasar yang beroperasi setiap hari sehingga harusnya kebersihan pasar menjadi prioritas pihak pengelola pasar.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.