Berdayakan Masyarakat Setempat, Bumdes Kawerang Kelola Jasa Pengeboran Air

Kepala Desa Kawerang, Rahman

BUGISWARTA.com, Bone -- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Kawerang Kecamatan Cina Kabupaten Bone yang bergerak di bidang jasa pengeboran air rumah tangga, dimana jasa pengeboran ini lebih murah dari jasa pengeboran pada umumnya.
 kelol
Kepala Desa Kawerang, Rahman yang ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa usaha jasa bor air rumah tangga ini dianggarkan pada tahun 2016 lalu dan dianggap berhasil memberikan pemasukan pada kas Bumdes.

"Usaha yang dikelola Bumdes kami sudah beroperasi sejak tahun lalu dan sudah memberikan pemasukan pada kas Bumdes karena di tahun 2014 lalu telah menerima orderan jasa pengeboran sebanyak 19 titik," Rahman menjelaskan.

Beberapa masyarakat setempat dilibatkan langsung dalam pengelolaan jasa sumur bor ini dengan memberikan upah yang mengikuti usaha sumur bor pada umumnya setiap kali ada pengeboran sumur bor.

"Kami libatkan masyarakat dalam pengelolaannya ndi dan upahnya mengikuti upah jasa sumur bor pada umumnya," lanjutnya.

Sekadar diketahui usaha bor air rumah tangga ini dikelola dengan alokasi anggaran dana Desa Kawerang Rp 50.000.000 pada tahun 2016.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.