Asal Usul Kata " Mario" Menjadi Salah Satu Nama Desa di Kecamatan Mare

Kepala Desa Mario Kecamatan Mare, Muhammad Israj
BUGISWARTA.com, Bone -- "Mario" merupakan bahasa Bugis yang dalam bahasa Indonesia berarti "gembira". Kata "Mario" menjadi beberapa nama desa di Kabupaten Bone, salah satunya terdapat di Kecamatan Mare Kabupaten Bone.

Menurut Kepala Desa Mario Kecamatan Mare Kabupaten Bone, Muhammad Israj yang telah memasuki periode ketiga memimpin desa ini, kata "Mario" ini dijadikan sebagai nama desa dikarenakan puluhan tahun yang lalu sebelum menjadi desa, konon masyarakat yang mempunyai masalah atau dalam keadaan sedih, jika datang di daerah yang menjadi Desa Mario ini langsung hatinya merasa tenang dan merasa gembira( dalam bahasa Bugis “Mario”)

Asal usul Kata "Mario" yang kemudian dijadikan sebagai nama desa di sini itu karena dulu sebelum menjadi desa, masyarakat yang lagi bersedih jika datang di daerah ini hatinya langsung tenang dan merasa gembira (Mario), dengan demikian pada saat menjadi desa maka kata "Mario" lah yang dipilih untuk dijadikan nama desa di sini," ungkap Muh. Israj yang telah masuk periode ketiga menjadi kepala Desa Mario.

Muhammad Israj juga menambahkan bahwa pada tahun 1990-an Desa Mario dimekarkan menjadi beberapa desa yang sekarang ini menjadi Desa Karella, Desa Batu Gading dan Desa Lapasa.

"Pada tahun 1990-an Desa Mario dimekarkan dan terbentuklah Desa Karella, Batu Gading dan Desa Lapasa," Muhammad Israj memaparkan.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.