Wabup Sinjai Targetkan 9 Desa Mandiri Tahun Ini


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan  pencanangan Desa persiapan mandiri Kabupaten Sinjai Tahun 2017, yang bertempat di Aula Kantor Camat Sinjai Selatan, Sinjai. Rabu (24/05/2017).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para staf Ahli Bupati Sinjai, para Kepala OPD, para Kepala Bagian,  para Camat, Lurah,  Kepala Desa,  dan ketua BPD serta anggotanya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat dan Desa Andi Zainal Arifin Nur dalam laporannya  mengatakan, parameter dan indikator yang digunakan dalam pencanangan Desa persiapan mandiri adalah Peraturan Menteri Desa,  PDT dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016, terdiri dari pelayanan dasar, kondisi infrastruktur, aksesibilitas/transparansi, pelayanan umum dan penyelenggaraan pemerintahan.

Sementara itu Wakil Bupati Sinjai H. Andi Fajar Yanwar dalam sambutannya mengatakan  bahwa, "Dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sinjai tahun 2013-2018, telah kita tetapkan target Desa mandiri sebanyak 9 Desa pada tahun 2017, yang diharapkan dapat berkembang menjadi 15 Desa mandiri sesuai yang ditargetkan sampai tahun 2018 mendatang. 

Adapun Desa persiapan Mandiri Kabupaten Sinjai tahun 2017 yaitu Desa Palae, Desa Aska, Desa Alenangka,  Desa Songing, Desa Lembang, Desa Pattongko,  Desa Bua,  Desa Lamatti Riattang,  dan Desa Bonto Salama. 

Lanjut Wabup, "Desa mandiri adalah Desa yang dipandang sudah mampu menyelesaikan persoalan kebutuhan dasar warganya dengan mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya ekonomi,  baik perikanan,  pertanian,  industri kecil maupun pada bidang sosial dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakat secara mandiri". Jelasnya.

BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.