Tips Memilih High Heels Yang Aman Buat Kesehatan


Untuk menghindari masalah yang dapat muncul di kemudian hari karena kesalahan memakai sepatu hak tinggi alias high heels, berikut adalah beberapa rutinitas yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli sepasang high heels baru.

1. Pilihlah heels atau hak yang sesuai. Pilih sepatu dengan heels pendek (2 cm atau lebih pendek lagi), atau yang memiliki penampang yang lebar. Hak yang tipis seperti pada stiletto dapat membebani kaki lebih berat lagi. Jenis stiletto akan membuat Anda tidak nyaman sementara heels 7 cm atau lebih dapat memperpendek Achilles tendon.

2. Gunakan in-sole alias alas di dalam sepatu yang empuk untuk mengurangi dampak ke kaki Anda.

3. Pastikan ukuran sepatu Anda tepat sehingga kaki tidak melorot ke depan, karena hal ini dapat menambah tekanan pada jari kaki. Pilih sepatu dengan ruang jari yang lebar agar jari kaki Anda masih bisa bergerak dengan leluasa.

4. Gunakan heels hanya pada hari-hari yang tidak mengharuskan Anda terlalu lama berjalan atau berdiri.

5. Gantilah sepatu Anda dalam sehari. Jangan menggunakan high heels sepanjang hari, misalnya saat di kantor saja dan tidak ke mana-mana, ganti dengan alas kaki yang lebih nyaman, seperti sepatu olahraga atau bahkan sandal jika dibolehkan. Pakailah sepatu yang membuat Anda dapat menggerakkan badan Anda secara alami saat berjalan karena akan membuat kaki, tungkai, pinggang, dan punggung meregang.

6. Peregangan. Sisihkan waktu setiap hari untuk melemaskan otot dan kaki yang kaku. Salah satu cara meregangkan kaki adalah dengan menaruh pensil di lantai dan coba mengambilnya menggunakan jari kaki Anda.

Jangan biarkan fashion merusak kemampuan Anda untuk berdiri dan berpijak tanpa rasa sakit. Tapi juga bukan berarti kami meminta Anda untuk berhenti mengenakan high heels. Yang perlu diingat adalah, kaki Anda adalah dasar penopang tubuh Anda. Jika kaki Anda tidak bahagia, maka bagian lainnya dari tubuh Anda juga tak akan bahagia. Perhatikan pilihan sepatu Anda dan ambil langkah kecil sekarang untuk menghindari masalah kaki yang lebih serius di kemudian hari.

Disadur dari Hellosehat

MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.