Ratusan Warga Ikuti Prosesi "Mappacci" Putri Bupati Soppeng -->
Cari Berita

Ratusan Warga Ikuti Prosesi "Mappacci" Putri Bupati Soppeng

BUGISWARTA.com, Soppeng--- Ratusan warga Kabupaten Soppeng berbondong-bondong menuju Rumah Bupati Sippeng Kaswadi Rasak, untuk menyaksikan Prosesi peletakan daun pacar atau yang dikenal oleh Masyarakat sebagai "Mappacci" atas perinakahan Putri Bupati Soppeng Andi Sutra Dewi yang dipersunting oleh Andi Resky. Sabtu (13/05/2017)

Prosesi mappacci disimbolkan sebagaj pensucian diri bagi mempelai sebelum bersanding di pelaminan, Prosesi 'mappacci' biasanya dilaksanakan pada malam menjelang acara akad nikah atau ijab kabul, yang dikenal dengan malam mappacci, biasa juga disebut 'tudang penni'.

Tamu yang diminta untuk meletakkan pacci adalah orang-orang yang mempunyai kedudukan sosial yang baik dan mempunyai kehidupan rumah tangga yang bahagia, semua ini mengandung makna agar calon mempelai kelak dapat hidup bahagia seperti mereka yang meletakkan pacci di atas tangan mempelai.

Dari Pantauan Bugiswarta.com, Usai resepse 'Mappacci' ratusan warga berbondong-bindong memberikan ucapan selamat kepada mempelai yang di dampingi H. Andi Kaswadi dan Hj. Andi Nurjannah orang tua Mempelai.

MANSUR/SYAHRUDDIN