Penderita Kusta di Dusun Lerang II Mulai Menurun


Kepala Desa Abbumpungeng, Ir. A. Pajoppoi

BUGISWARTA.com, Bone Selatan --Dusun Lerang II yang ada di Desa Abbumpungeng Kecamatan Cina Kabupaten Bone dikenal masyarakat sebagai kampung penderita kusta, dimana daerah tersebut merupakan tempat pengasingan dan tempat berobat orang yang mengalami penyakit kulit.

Kepala Desa Abbumpungeng Kecamatan Cina Kabupaten Bone, Ir. A. Pajoppoi yang kami temui mengungkapkan bahwa Dusun Lerang II yang ada di desanya kini sudah tidak ada lagi penderita kusta, dikarenakan pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cina setiap saat melakukan pemeriksaan dan memberikan obat jika ada masyarakat yang mengalami gejala kusta.

"Di Dusun Lerang II sudah tidak adami lagi penderita kusta ndi, yang tinggal di sana sekarang merupakan mantan penderita kusta", ungkapnya A. Pajoppoi.

A. Pajoppoi juga menjelaskan bahwa masyarakat yang mengalami gejala penyakit kulit yang ada di Lerang II langsung berobat sehingga bisa langsung sembuh.

"Masyarakat di sana jika mengalami gejala, langsung berobat dan biasanya langsung berobat ke Makassar", lanjutnya.

Di tempat terpisah, Kepala UPTD Kesehatan Cina, Samanhudi M.Kes mengungkapkan bahwa di Dusun Lerang masih ada satu warga penderita dan setiap saat dikontrol oleh tim medis yang telah ditunjuk untuk mengobati penderita kusta, imbuhnya.

ASRUL/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.