Kuota Rastra Dikurangi 1.327 KK, Warga Miskin Sinjai Menjerit


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Menurunnya jatah kuota penerima bantuan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) utamanya Beras Sejahtera (Rastra) di Kabupaten Sinjai mendapat reaksi keras dari berbagai elemen masyarakat.

Menurutnya hal ini merupakan salah satu bentuk kegagalan pemerintah daerah utamanya desa dan kelurahan yang tidak serius dalam mendata warga miskin yang ada di berbagai tempat di Sinjai, parahnya lagi terjadi diskriminatif dalam pendataan.

"Seharusnya ini menjadi perhatian Pemerintah Sinjai, tingkat kemiskinan saat ini masih tinggi dibarengi dengan tidak adanya lapangan pekerjaan malah mengurangi jatah penerima utamanya Rastra," ata Mantan Kabid Lingkungan Hidup dan Agraria HMI Cabang Sinjai Muh. Izhar.

Izhar bahkan menganggap kordinasi antara tingkat desa/lurah dengan Pemerintah Kabupaten sangat buruk sehingga ada kecendrungan masyarakat dikorbankan, ekonomi kerakyatan yang menjadi raungan Pemkab Sinjai tidak tercapai buktinya sampai saat ini masih banyak warga yang tak tersentuh perbaikan ekonominya.

"Pendataan asal-asalan saja, coba kita lihat mana ada pendataan yang akurat mulai dari BPJS dan saat ini Rastra, buktinya ada yang berhak menerima tapi dicoret, ada yang berhak pelayanan kesehatan gratis juga demikian," bebernya.

Jatah jumlah penerima bantuan Beras Sejahtera (Rastra) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Kabupaten Sinjai untuk tahun 2017 ini memang mengalami pengurangan kuota jumlah penerima.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setdakab Sinjai, A. Asdar Paddu.

Asdar mengatakan pengurangan jatah kuota penerima bantuan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sinjai, sudah berdasarkan data yang mereka terima dari pusat setelah melalui verifikasi dan validasi data.

"Untuk tahun 2016 jatahnya sebanyak 13.274 kepala keluarga, namun tahun 2017 ini menjadi 11.974 kepala keluarga atau berkurang sebanyak 1.327 kepala keluarga, atau turun sekitar 10%," kuncinya.

BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.