Ingin Mata Anda Sehat? Konsumsi Lima Makanan Ini -->
Cari Berita

Ingin Mata Anda Sehat? Konsumsi Lima Makanan Ini


Mata adalah organ tubuh pada diri manusia yang sangat vital sekali, karena fungsinya adalah untuk indra pengelihatan, dimana diciptakannya mata untuk melihat hal hal yang sangat indah di dunia ini.

Untuk itulah, memiliki mata yang sehat merupakan dambaan semua orang. Namun banyak dari Anda sekalian kurang menjaganya dengan baik. Salah satunya adalah seringnya membiasakan hal-hal yang buruk maka akan menyebabkan berkurangnya kualitas mata anda. Untuk kesehatan mata Anda, sebaiknya rutin mengonsumsi makanan berikut :

 
1. Telur

Telur mengandung banyak sekali nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kita. Beberapa kandungan dari telur ini adalah vitamin D, lecithin, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, lutein, dan cysteine. Kesemuanya sangat berguna untuk indra penglihatan kita.

2. Wortel

Sudah bukan rahasia lagi kalau menu makanan sehat satu ini sangat memiliki kandungan berharga bagi mata. Wortel yang bisa diolah menjadi sup ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak. Di mana vitamin A sudah dikenal sangat penting untuk mata kita.

3. Bayam

Sayuran hijau yang dikategorikan dalam makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata adalah bayam. Bayam biasanya diolah menjadi sayur bening dan mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Kandungan lain yang lengkap juga baik untuk organ tubuh lain, salah satunya zat besi yang baik untuk mencegah anemia pada seseorang.

4. Tomat

Sayuran yang bisa disebut buah ini juga memiliki kandungan yang baik untuk menjaga mata kita. Adalah lycopene dan vitamin C, dua dari sekian banyak kandungan tomat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Khusus untuk dua kandungan yang disebutkan tadi, sangat penting sekali untuk mata kita. Sayangnya, jika anda menderita Dispepsia, Anda harus menghindari tomat ini.

5. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini mengandung selenium dalam jumlah yang banyak. Di samping selenium, dia juga mengandung vitamin C serta quertecin. Bawang putih selain dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata juga memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh manusia secara keseluruhan. Namun, mengonsumsinya secara berlebih bisa jadi mengganggu Anda karena menimbulkan bau yang tidak sedap.

Selain lima makanan sehat untuk menjaga kesehatan mata di atas, ada makanan lain yang bisa sahabat Bugiswarta.com pilih seperti salmon, brokoli, kubis, biji bunga matahari, dan yang lainnya. Semuanya mudah sekali didapatkan di Indonesia.

Disadur dari Sehatfit.com

MULIANA AMRI