Hindari Minum Kopi Dalam Kondisi Ini


Minum kopi memang bermanfaat bagi kesehatan berdasarkan sejumlah penelitian. Namun, waktu yang salah saat meminum kopi justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Waktu yang tidak tepat untuk minum kopi adalah saat kondisi perut kosong. Sering kali seseorang yang terburu-buru di pagi hari hanya minum secangkir kopi sebelum bekerja, tanpa sarapan sebelumnya. 
 
Siang hari, ketika sangat sibuk atau malas makan, waktu makan siang terkadang juga diisi dengan hanya minum secangkir kopi. Perlu diingat, minum kopi sebelum konsumsi makanan apa pun bisa berefek buruk bagi kesehatan.

Minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman di lambung. Tingginya asam lambung akan menimbulkan rasa mulas dan gangguan pencernaan lainnya sepanjang hari. Dalam kasus yang lebih parah, bisa memicu maag, sindrom iritasi usus, dan gangguan refluks asam.

Menurut American Chemical Society, minum kopi saat perut kosong merupakan musuh bagi saluran cerna. Kopi yang mengandung kafein bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi, hingga sembelit.

Kafein juga dapat memicu stres dan rasa cemas. Hal ini terjadi karena kafein di pagi hari sebelum sarapan, dapat menghambat produksi serotonin. Serotonin adalah neurotransmitter yang berkaitan dengan rasa senang, bahagia, atau kesejahteraan.

Itulah mengapa jika minum kopi saat perut belum terisi makanan apapun bisa mengubah suasana hati Anda seketika.

Jadi, efek buruk minum kopi bukan hanya karena minum terlalu banyak, tapi sedikit saja jika itu dalam kondisi perut kosong juga sangat merugikan kesehatan.

Sumber : Kompas/lifestyle

MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.