Guna Percepat Keuangan, Sosialisasi Percepatan Akses Keuangan Daerah Dibuka


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Sosialisasi dan pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sinjai tahun 2017, yang dibuka langsung oleh Asisten Perekonomian,Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab. Sinjai Dr. Hj. Nikmat B Situru, M.,AP selaku mewakili Bupati Sinjai. Kegiatan tersebut diadakan di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang, Sinjai. Pada Rabu sore (24/5).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Biro Perekonomian Provinsi Sulsel Abd. Rahman, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi Maluku dan Papua Andi Muhammad Yusuf, Kepala Bagian Kemitraan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Komisi 2 DPRD Andi Zainal Iskandar, Kepala OPD,Kabag, Pimpinan Perbankan, Badan Pusat Statistik (BPS) , serta para masyarakat yang memiliki usaha kecil menengah.

Ketua Panitia, A. Asdar Paddu, S.Sos dalam laporannya menyatakan bahwa, "Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang TPKAD di Kabupaten Sinjai, sebagai wadah forum koordinasi antar instansi dan stakeholder terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di Daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi Daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera" Tuturnya. 

Sementara itu, Asisten II saat membacakan sambutan Bupati. "TPKAD bertujuan untuk mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam rangka mendukung perekonomian daerah, mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi masyarakat di Daerah, mendorong lembaga jasa keuangan untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi Daerah, mendorong optimalisasi potensi sumber dana di Daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif antara lain, untuk mengembangkan UMKM, usaha pemula dan membiayai pembangunan sektor prioritas ekonomi Daerah" Jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai telah menindaklanjuti program TPKAD ini dengan melaksanakan penandatanganan MoU antara 7 (Tujuh) OPD teknis dari sektor Pertanian, Perikanan, Peternakan, Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UMKM serta Kehutanan. Dengan pihak perbankan di Sinjai yakni Bank Sulselbar Sinjai, BRI Sinjai, BNI KCP Sinjai dan Bank Mandiri KCP Sinjai pada saat Hari Puncak Hari Jadi Sinjai ke 453, Februari lalu.

BURHAN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.