Andi Fajar Yanwar : Belum Ada Satu Desa yang Ditetapkan Mandiri di Sinjai -->
Cari Berita

Andi Fajar Yanwar : Belum Ada Satu Desa yang Ditetapkan Mandiri di Sinjai


BUGISWARTA.com, Sinjai -- Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Rapat Koordinasi Penguatan Tata Kelola Desa, dengan tema "Dengan Sinergitas Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik Menuju Desa Mandiri". Acara ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai. Selasa 9 Mei 2017.

Wakil Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar, SE dalam arahannya menyampaikan bahwa salah satu target RPJMD yang harus dipacu adalah target desa mandiri yang seharusnya sudah dapat dicapai. Namun, tahun ini belum ada satupun desa dari sembilan desa yang ditetapkan sebagai desa mandiri mencapai target.

Rapat tersebut diharapkan dapat menjadi sumber energi baru untuk Desa Mandiri. Dimana telah diatur dalam Peraturan Menteri No 2 tahun 2017.

Wabup mengingatkan tentang perencanaan dan evaluasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa agar dilaksanakan secara terpadu dengan sejumlah organisasi terkait sehingga potensi resiko yang berkaitan dengan hukum dapat diminimalisir.

Dalam rapat juga hadir Asisten Tata Pemerintahan, Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan, sejumlah perwakilan OPD, perwakilan Kepala Bagian serta Camat atau yang mewakili.

Kepala BPS Sinjai, DR Fatahillah mengusulkan bahwa, "Setiap kecamatan ada desa sampel yang menjadi binaan Badan Pusat Statistik (BPS). Desa binaan diharapkan memiliki IT untuk memudahkan akses perolehan data maupun informasi", ujarnya.

Lanjut Staf Ahli Bupati, Drs. Budiaman menjelaskan bahwa dalam Peraturan Menteri telah dijelaskan tentang indeks desa membangun. Untuk menjadi desa mandiri salah satu kriterianya adalah indeks desa membangun yang telah ditetapkan BPS dan yang akan dilakukan nanti adalah pencanangan desa, persiapan desa mandiri karena yang berhak menetapkan desa mandiri adalah Pemerintah Pusat. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi tentang indikator Desa mandiri serta
sinergitas yang harus dimaksimalkan untuk mencapai target", tambahnya.

Sementara itu, Camat Sinjai Timur, Tamzil Binawan menyampaikan masukannya bahwa perlunya menetapkan zona sesuai dengan karakteristik wilayah. Untuk Kecamatan Sinjai Timur diusulkan Desa Sanjai dan Desa Patallassang.

BURHAN/MULIANA AMRI