Aklamasi, Andi Mappakaya Nahkoda Baru Apdesi Bone

Ketua Apdesi Bone yang terpilih, Andi Mappakaya Amier

BUGISWARTA.com, Bone---Usai dilakukan verifikasi berkas pencalonan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seleruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bone, Haeril, Kepala Desa Ulubalang, Kecamatan Salomekko, tidak memenuhi persyaratan dalam perhelatan pemilihan ketua Apdesi Bone, sehingga Andi Mappakaya, Kepala Desa Tadangpalie l, Kecamatan Ulaweng akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua Apdesi Kabupaten Bone. Rabu (03/05/2017).

Hal ini disampaikan oleh steering commite Muscab Apdesi, Saifullah Latif, salah satu penyebab gugurnya berkas Haeril karena tidak mencukupi pernyataan dukungan secara tertulis dari Kepala Desa.

"Sebenarnya dukungan untuk Haeril itu sudah mencapai 98 suara namun saat di verifikasi ada puluhan yang double, dan syaratnya jika double dukungannya dinyatakan hangus, setelah diverifikasi hanya terdapat 42 yang real dan itu tidak mencukupi syarat maju sebagai calon ketua, dan jika hanya satu calon yang memenuhi syarat maka langsung ditetapkan secara aklamasi, sehingga penetapan langsung aklamasi", Syaifullah menjelaskan.

Dengan Kepetusan tersebut, Haeril 'Legowo' mengundurkan diri dan tidak melanjutkan musyawarah ketingkat pemilihan, Haeril meminta maaf kepada pendukungnya, kata dia kesempatan untuk maju terhalang karena syarat aturan surat dukungan tersebut.

"Inilah dinamikanya berdemokrasi, dari awal saya tidak tidak pernah disampaikan syarat itu, bahkan rancangannya tidak dapat tentang adanya pasal yang menyebutkan syarat dukungan tertulis tersebut, sehingga saya tidak menyangka akan seperti ini", kata Haeril.

Kepala Desa Ulubalang ini tetap menuntut Ketua Apdesi yang terpilih unutk tetap berada pada koridor yang telah ditetapkan untuk membawa Apdesi lebih baik, selain itu, Haeril juga menitipkan kepada ketua Apdesi agar memperjuangkan Kepala Desa.

"Saya minta Andi Mappakaya memperjuangkan kesejahteraan kepala desa seperti tunjangan Kades yang dibatasi hanya satu juta saja agar oleh Peraturan Bupati Bone diubah agar dinaikkan maksimal tiga juta rupiah", lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Bone yang terpilih, Andi Mappakaya Amier mengatakan dengan terpilih dirinya sebagai ketua Apdesi Kabupaten Bone, dirinya akan merangkul semua kepala desa untuk menjalankan program-program Apdesi Kabupaten Bone.

"Haeril adalah salah satu Kades yang terbaik di Bone," kata Andi Mappakaya.

SYAHRUDDIN
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.