Warga Desa Kanrung Demo Protes Kadus Terpilih, Ini Alasannya

Aksi Demonstrasi Penolakan Kepala Dusun Baru di Desa Kanrung
BUGISWARTA.com, Sinjai---Ratusan warga Dusun Baru, Desa Kanrung, Sinjai Tengah lakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Desa Kanrung. Senin 3 April 2017.

Kordinator Aksi, Irfan dalam orasinya mengatakan bahwa aksi ini terkait dengan penolakan warga Dusun Baru terhadap penetapan Muh. Basri sebagai kepala Dusun. Pasalnya, perekrutan Muh. Basri yang merupakan saudara dari kepala Desa Kanrung bernuansa KKN dan juga Muh. Basri terindikasi sebagai pengurus partai.

"Kepala desa dan camat harus mempertimbangkan hasil scooring tim penjaringan kepala Dusun Baru dengan pertimbangan dukungan masyarakat", tuntut Irwan dalam orasinya.

Warga Dusun Baru juga mendesak bahwa apabila tuntutan mereka tidak diindahkan, warga akan pindah ke dusun lain dan tidak akan mengakui Muh. Basri sebagai kepala dusun serta tidak akan ikut berpartisipasi terhadap pembangunan apapun di Dusun Baru.

Kepala Desa Kanrung, Buhari Hamid sangat menyayangkan hal ini terjadi karena sangat jarang ada aksi demonstrasi di desa yang masih kental dengan sistem kekeluargaan.

"Kita ini orang desa yang mempunyai aturan adat dan norma. Meski negara ini negara demokrasi, tapi tidak seharusnya kita lakukan dengan cara seperti ini", sesal Buhari.

Dihadapan para demonstran, Buhari juga menjelaskan penjaringan kepala dusun ini sudah sesuai dengan peraturan bupati dan peraturan desa.

IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.