Target 24.345 Ekor Sapi Hasil IB, 36 Inseminator Dinas Peternakan Diterjunkan

SINJAI, Bugiswarta.com---Salah Satu Program Nasional yang dikenal mampu menyuplai pendapatan Negara dalam bidang peternakan adalah Upaya Khusus Sapi Wajib Bunting (UPSUS SIWAB). 

Upaya pemerintah dalam menyukseskan program tersebut telah dilakukan beberapa Tahun sebelumnya dan sampai saat ini banyak mengalami pengembangan, terbukti giatnya pemerintah dalam menyosialisasikan program tersebut, Seperti yang dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai. 

Kepala DPKH Sinjai, drh. Aminuddin Zainuddin mengatakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017 untuk DPKH Kabupaten Sinjai ini sebagian berorientasi kepada produktifitas ternak Sapi, melalui Program UPSUSIWAB, diharapkan mampu memaksimalkan target yang telah direncanakan Tahun ini yaitu 24.345 Ekor ternak sapi hasil IB.

DPKH  menerjunkan 36 Petugas Inseminator di tiap Kecamatan dan dituntut memperoleh 3 akseptor IB/hari. Program ini diharapkan dapat meningkatan produktifitas ternak sapi dan kesejahteraan masyarakat. 

Namun  kendala yang seringkali ditemukan inseminator adalah kesadaran masyarakat dalam merespon program tersebut masih rendah, dimana ternak sapi masyarakat masih mengandalkan kawin alami ketimbang menggunakan IB. 

"Inilah yang terus kita sosialisasikan dan ajak mereka untuk menggunakan IB," Kuncinya.

IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.