Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Kendari Hadirkan Pelayanan Prima -->
Cari Berita

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Kendari Hadirkan Pelayanan Prima


Muliyani, S.Pd.I., M.Pd.I, Kepala Lembaga Learning Motivation Center UMK
BUGISWARTA.com, Kendari -- Berbagai strategi ditempuh oleh Universitas Muhammadiyah Kendari  (UMK) dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.  Salah satunya adalah pelayanan yang dilakukan oleh Lembaga Learning Motivation Center (Lemocen).

Kepala Lemocen Muliyani, S.Pd.I., M.Pd.I saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 21 April 2017 mengatakan   perpustakaan UMK seringkali  mendapat undangan dari perpustakaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) sudah maju, seperti  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). 
Sejak mendapat amanah jadi kepala LEMOCEN mulai  2016, Muliyani berupaya semaksimal mungkin melakukan layanan  prima di lembaga ini, telah  banyak melakukan join dengan perpustakaan maju seperti kerjasama  IAIN, UMS dan penerbit buku dan saat ini sudah tergabung di forum perputakaan yang dibentuk oleh PTM, tegas Dosen Tetap Yayasan di Fakultas Agama Islam UMK ini. 

Kerjasama yang dimaksud itu adalah bentuk pembinaan bagi tenaga pendidik, bentuk referensi dan penelitian-penelitian dosen. Salah satu diupayakan  adalah membuat web untuk memudahkan mahasiswa mengakses kebutuhan pelayanan  diperpustakaan, meskipun sementara ini web masih dalam tahap pembenahan. Pihak perpustakaan adalah pengadaan  judul-judul buku yang ada diperpustakaan, direncanakan repositori itu ditarik di perpustakaan, karena selama ini repositori masih melekat di LPPM. Rencana repositori akan  dipindahkan ke  LEMOCEN sehingga dapat connect dengan perperpustakaan.

Pada perpustakaan di kampus lain repositori melekat di perpustakaan, sehingga hasil-hasil penelitian  dengan mudah dipublikasikan, dan setelah repositori itu ada di perpustakaan, maka  hasil-hasil kerja itu  akan  dimasukan di media  Warta PTM, ungkap mantan Kepala UPT P2BTQ. 
 
“Pada waktu dekat  ini pengadaan buku  kurang lebih 1.982 judul akan masuk diperpustakaan. Tahun  2016 mendapatkan hibah buku dari Asia Foundation sebanyak 400 judul kemudian hibah buku dari Prof. Dr. H. Abdullah Alhadza, M.A (Guru Besar UMK) sebanyak 1000 eksamplar”, tambah pengurus Nasiyatul Aisyiyah Provinsi Sulawesi Tenggara ini. 

Perpustakaan UMK terakreditasi C, dan  berharap dengan beberapa kemajuan perpustakaan dapat reakreditasi B.  Persiapan  mendapat nilai  B, sudah mulai dibenahi dengan repositori, online dengan penambahan fasilitas, target selajutnya menyediakan ruang diskusi, multi media, dalam menunjang kegiatan diperpustakaan, ungkap almuni S1 STAIN Kendari. 

YAHYA MUSTAFA/MULIANA AMRI