Dinas Perpustakaan Sinjai Tumbuhkan Minat Baca, Ini Kegiatannya -->
Cari Berita

Dinas Perpustakaan Sinjai Tumbuhkan Minat Baca, Ini Kegiatannya

BUGISWARTA.com, Sinjai---Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan (DPK) Kabupaten Sinjai mengadakan lomba pengembangan minat dan budaya baca melalui kegiatan lomba bercerita bagi siswa SD/MI dan lomba pidato tentang perpustakaan bagi siswa SMP/MTS Se-Kabupaten Sinjai dihalaman DPK Sinjai. Rabu 26 April 2017.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ini dibuka secara resmi Kepala DPK Kabupaten Sinjai Baba Faisal, turut dihadiri dari Dinas perpustakaan dan kearasipan Provinsi Sulawesi Selatan, sejumlah Kepala Sekolah dan guru.

Panitia pelaksana, Ir. Mulia Lestari yang juga merupakan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan DPK Sinjai menyampaikan bahwa lomba ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

"Ini adalah program DPK dan setiap tahun kita laksanakan dengan melibatkan siswa-siswi yang ada di Sinjai", katanya.

Lanjutnya, pesertanya sebanyak 16 siswa dari berbagai sekolah dasar yang ada di sinjai sedangkan lomba pidato tentang perpustakaan akan diikuti sekitar 25 peserta. Para peserta lomba cerita juga turut didampingi orang tua ataupun guru mereka masing-masing dan dilaksanakan pada hari kedua.

Sementara itu, Baba Faisal dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba tersebut merupakan salah satu upaya pengembangan dan pembudayaan kegemaran membaca di kalangan anak-anak ini bertujuan diantaranya, menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca anak-anak melalui berbagai bacaan atau buku dalam membangun karakter kecerdasan dan inovasi masyarakat.

Selain itu untuk menarik minat baca anak tentang tentang buku-buku cerita budaya daerah atau lokal serta sebagai promosi perpustakaan.

"Lomba ini juga digelar sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran bagi generasi muda untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal sehingga nilai-nilai budaya dan tradisi lokal dapat berlanjut hingga kegenerasi selanjutnya", kuncinya.

BURHAN/MULIANA AMRI