Dinas Perhubungan Ajak Putra Sinjai Melaut Gratis


BUGISWARTA.com, Sinjai---Dinas Perhubungan Kabupaten Sinjai mengajak putra putri Sinjai untuk menjadi pelaut melalui diklat pelayaran. Jumat 7 April 2017.

Diklat pelayaran secara gratis yang tengah berlangsung di Kampus Pelayaran Barombong, serta Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar merupakan Program Nawacita Presiden Indonesia, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan Laut untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Sinjai, Aslan Abbas program ini sangat menguntungkan bagi muda mudi asal Sinjai untuk mengurangi tingkat pengangguran. Sementara Kabupaten Sinjai sendiri mendapat 270 kuota peserta.

"Training selama 15 hari, sudah bisa dapat sertifikat pelayaran dan buku pelaut yang sudah memenuhi syarat untuk bekerja dikapal dengan posisi yang bagus, apalagi semuanya gratis", jelas Aslan.

Adapun persyaratan untuk mendaftar sebagai peserta, harus berusia 16 tahun sampai 25 tahun dan berijazah SMP atau sederajat. 

"Yang penting ada niat, silahkan masukkan berkas di kantor Dinas Perhubungan Sinjai dan kemudian akan kami seleksi. Yang terpenting tidak buta warna", Aslan menerangkan.

Setiap 30 orang yang sudah memenuhi syarat akan langsung diberangkatkan di dua lokasi diklat di Makassar. Dan pelaksanaan diklat untuk peserta asal Kabupaten Sinjai hanya sampai pada waktu menjelang ramadhan.

"Jadi ketika ada yang berniat, silahkan secepatnya masukkan berkas agar kami juga bisa proses dan berangkatkan secepatnya", harap Aslan.

IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.