Andi Nurpati: Tugas Kita Mewujudkan Cita-cita Kartini -->
Cari Berita

Andi Nurpati: Tugas Kita Mewujudkan Cita-cita Kartini

Andi Nurpati, Politisi Partai Demokrat
BUGISWARTA.com, Jakarta---Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April. Kartini adalah pahlawan nasional yang dikenal karena spirit emansipasi perempuan. Lantas apa makna Hari Kartini bagi kaum perempuan saat ini?

Politisi DPP Partai Demokrat Andi Nurpati memaknai peringatan Kartini sebagai momentum untuk merefleksikan sejauhmana cita-cita perjuangan Kartini telah tercapai.

"Salah satu cita-cita Kartini agar perempuan bisa sekolah setinggi mungkin, harus memotivasi kaum perempuan agar terus belajar. Beda di zaman Kartini, dimana perempuan tidak diberi akses pendidikan, sekarang ketika akses pendidikan telah terbuka, maka perempuan harus memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin," ungkap peraih Doktor dari Universitas Negeri Jakarta ini.

Selain itu, menurut Nurpati, sekarang emansipasi perempuan juga telah menyentuh ranah politik. Mungkin ini belum dibayangkan Kartini dahulu. "Namun saya pikir, semangat emansipasi Kartini tetap relevan dalam mendorong perempuan mengambil peran-peran strategis di ranah publik. Kesempatan bagi perempuan telah terbuka lebar. Malah Indonesia sudah lebih maju dibanding Amerika Serikat, yang hingga saat ini belum pernah dipimpin oleh Presiden Perempuan," tegas komisioner KPU RI 2004-2009 ini.

Namun, Nurpati menegaskan bahwa spirit Kartini bukan berarti menegasikan peran laki-laki. Menurutnya, spirit Kartini adalah mewujudkan wajah feminin di ranah politik. "Selama ini kan politik selalu dipersepsikan sebagai dunia keras, dunia kompetisi yang saling sikut dan sikat. Dengan semakin banyaknya perempuan memasuki area ini, kita berharap wajah politik akan lebih ramah, dan penuh cinta kasih," jelas mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini.

"Jadi, seharusnya peran perempuan hari ini harus lebih diberi ruang  ke segala lini, sehingga perannya tidak lagi berada di persimpangan atau hanya sekedar pewangi baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, terlebih lagi di dunia perpolitikkan," harap perempuan yang sudah mulai disebut-sebut sebagai salah satu Calon Gubernur Sulsel ini.

SYAHRUDDIN/USMAN AL KHAIR