Teknologi Mendukung Percepatan Swasembada Pangan

Bugiswarta.com, Makassar – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mendukung penuh upaya percepatan swasembada pangan khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Hal ini dikemukakan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir pada acara Temu Inovasi Teknologi Pertanian dengan Tema Mendukung Produktivitas dan Percepatan Swasembada Jagung di Kawasan Timur Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Konsorsium PTN-KTI di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Jumat (17/3).

“Kita selalu mencoba mengembangkan riset-riset yang mampu menghasilkan inovasi yang mendukung swasembada pangan khususnya padi, jagung, dan palawija (pajali)”, jelas Menteri Nasir.

Lebih lanjut Menteri Nasir menjelaskan pentingnya sinergi antar institusi untuk percepatan perwujudan swasembada pangan. Peran Kemristekdikti beserta LPNK dan Perguruan Tinggi di bawahnya adalah sektor hulu yaitu melakukan alih teknologi dan implementasi inovasi hasil litbang baik berupa teknologi inovatif terkait peningkatan produktifitas pertanian, maupun teknologi inovatif terkait pengolahan pasca panen.

Perlunya sentuhan teknologi di sektor pertanian diamini pula oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Menurut hitungan Mentan, teknologi mampu menekan secara signifikan biaya produksi.

“Hitung-hitungannya teknologi mampu menekan 50% biaya produksi yang dikeluarkan petani,” tegas Amran.

Swasembada pangan bukanlah sesuatu yang tidak mungkin diwujudkan. Yang diperlukan adalah kemauan segenap anak bangsa untuk mewujudkannya.

Muhammad Fajri/Yahya/Usman

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.