Sisi Lain Perkampungan di Ujung Barat Kabupaten Bone, Bulu Tanah

BUGISWARTA.com, Bone---Bulu Tanah adalah nama perkampungan sederhana yang berada di ujung Barat Kabupaten Bone tepatnya di Desa Mattampawalie Kecamatan Lappariaja.  Ada hal menarik jika berkunjung di perkampungan ini, selain masyarakatnya yang ramah juga banyak hal yang bisa dijadikan destinasi yang tentunya akan menjadi pengalaman baru bagi yang berkunjung. Selasa 28 Maret 2017.

Bulu Tanah yang dikenal dengan objek wisatanya yang indah dan eksotis seperti halnya jejeran pohon pinus, air terjun dan bukit Pacongai yang memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi. 

Begitupun budaya,  masyarakat sangat menghargai dan menghormati budaya sehingga masyarakat masih tetap menjaga dan melestarikannya.Tradisi dan budaya akan diperingati setiap tahunnya misalnya sesudah panen atau dengan hari-hari tertentu yang di anggap memiliki nilai dan sejarah tentang budaya tersebut.

Namun bukan hanya itu,  disisi lain Bulu Tanah juga merupakan salah satu pemasok atlet bola volly Kabupaten Bone. Di perkampungan inilah dilatih dan dibina sejak dini untuk menjadi olahragawan yang berkualitas.


 
Berbicara tentang olahraga, bukan hanya bola volli yang diminati di perkampungan kecil ini. Namun ada beberapa olahraga yang juga menjadi andalan dikampung ini.  Diantaranya sepak takraw, tenis meja, sepak bola dan bulu tangkis. Ini semua di mainkan oleh masyarakat dengan menyesuaikan jadwal yang telah dibuat dan disepakati dengan tujuan agar semua olah raga berjalan tanpa ada gesekan atau persaingan peminat.

Namun yang menjadi catatan yaitu fasilitas yang belum memadai sehingga terkadang dalam waktu tertentu dengan terpaksa tidak berolahraga, misalnya ketika sudah hujan tidak dapat main volli diakibatkan lapangan becek, kemudian masih kurangnya bola sehingga harus antri menggunakan bola dalam pemanasan. Namun itu tidak mengurangi semangat masyarakat untuk olahraga. Sebagai konklusi solutif maka sebaiknya motto ini diterapkan, "Semangat Olahraga dengan Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat"‎.

USMAN AL-KHAIR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.