Rapat BUMDes se-Sinjai Selatan, Ini Yang Dibahas

BUGISWARTA.com, Sinjai---Pendamping Program pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) memfasilitasi rapat  bagi para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kecamatan Sinjai Selatan di Warkop Mabbulo Sipeppa salah satu unit usaha BUMDesa Talle di Jalan Poros Lancibung. Senin 20 Maret 2017.
Dalam memfasilitasi pada rapat koordinasinya, pendamping desa Sinjai Selatan menghadirkan langsung tenaga ahli P3MD Kabupaten Sinjai untuk memberikan arahan dan masukan terkait maksimalisasi peran BUMDes sebagai pelopor penggerak ekonomi di pedesaan.
"Inisiasi kegiatan ini tidak terlepas dari tupoksi kami sebagai pendamping desa yang tentunya berusaha memaksimalkan kegiatan lembaga ekonomi yang ada di desa khususnya BUMDes yang ada di Kecamatan Sinjai Selatan", kata Supratman salah seorang pendamping desa Sinjai selatan saat ditemui awak media disela-sela acara
Sementara itu Fadli salah satu tenaga ahli P3MD Sinjai yang sempat hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut mengatakan bahwa BUMDes dalam pengoperasiannya harus berbasis ekonomi kerakyatan.

"Kehadiran dan kesuksesan BUMDes itu dapat dilihat ketika ia mampu menciptakan kedaulatan ekonomi di masyarakat, memutus mata rantai rentenir, dan meminimalisir para tengkulak serta melakukan perlawanan terhadap kapitalis utamanya pada monopoli dagang", Fadli menjelaskan.

Lebih lanjut kata Fadli, dengan adanya dukungan dari Pemerintah Desa dan Kementerian Desa dalam pengelolaan BUMDes ini maka tidak menutup kemungkinan BUMDes kedepan dapat mewujudkan desa yang mandiri melalui kesejahteraan masyarakatnya.

Lebih teknis, Andi Aminuddin selaku tenaga ahli Pengembangan Ekonomi Desa P3MD Sinjai mengatakan bahwa sistem manajemen pengadministrasian juga menjadi penting dalam pengelolaan BUMDes.

"Dalam pengadministrasian pengelolaan BUMDes sedikitnya pengurus harus memiliki Buku Bank, Buku kas, Buku Inventaris, Buku Neraca dan Buku Rugi Laba", jelas Andi Ante sapaan akrabnya.

Rapat pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini dihadiri oleh para direktur BUMDes se-Kecamatan Sinjai Selatan dan rencananya pertemuan rapat selanjutnya akan dilaksanakan secara rutin setiap bulannya.

IZHAR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.