Pramuka UIN Alauddin Manfaatkan Bukit Samata Wadah Tekpram -->
Cari Berita

Pramuka UIN Alauddin Manfaatkan Bukit Samata Wadah Tekpram

Bugiswarta.com, GOWA --- UKM Pramuka UIN Alauddin Makassar, biasa disebut Racana Almaida (Alauddin dan Maipa Deapati) memanfaatkan Bukit Samata sebagai tempat pengembangan teknik
kepramukaan (tekpram)  Sabtu (25/03/2017).

Tekpram yang rutin dilaksankan setiap Sabtu sore merupakan salah satu bentuk mengembangkan pengetahuan ilmu kepramukaan para anggota. Kegiatan tekpram selain menambah ilmu pengetahuan tentang  kepramukaan juga memberikan pengembangan tentang pengetahuan umum, baik itu  kesenian, kesehatan ataupun mengenai ilmu keagamaan.

Keindahan Bukit Samata memang mampu menambah semangat para anggota  mengikuti pengembangan tekpram tersebut, karena selain  menambah ilmu pengetahuan tentang pramuka mereka juga bisa menyegarkan mata dengan  pemandangan yang begitu mampu menyegarkan mata ketika melihat kota Makassar dari atas  Bukit Samata.

Menurut Rafli Saldi salah seorang  anggota Racana Almaida sekaligus pemateri dari Tekpram
Mengatakan  pemilihan lokasi sebenarnya bukan kesengajaan namun  sesuai definisi, kepramukaan adalah proses pendidikan diluar lingkungan sekolah  keluarga dalam bentuk kegiatan   menarik, menyenangkan, sehat,  teratur, terarah dan praktis dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan  menjadi hal istimewa.

Belajar dan berpikir di alam cakrawala terbuka  mampu menanamkan rasa kecintaan alam dengan sang pencipta serta merefresh otak anggota  racana yang kuliahnya terlalu padat, katanya.

“ Dengan belajar di alam cakrwala berpikir terbuka serta menanamkan rasa kecintaan alam
dengan sang pencipta. Juga mampu merefresh otak anggota racana yang terlalu padat
kuliahnya”, ujar Rafli

Laporan : Darmawati
Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar