Petani di Bulu Tanah Pelajari Perawatan Kakao Ala Swisscontact

BUGISWARTA.com, Bone -- Salah satu daerah yang ada di bagian barat Kabupaten Bone Desa Mattampawalie kecamatan Lappariaja dengan kondisi geografis berada di deretan pegunungan membuat sebahagian masyarakatnya memilih bertani dan berkebun jalan hidup.

Jalan Pertanian inilah yang banyak dilakukan masyarakat termasuk masyarakat Bulutanah Desa Mattampawalie setiap harinya. 

Berangkakt dari kegilisahan melihat kebiasaan masyarakat yang masih bertanih dengan sistem tradisional,  akhirnya muncul kesadaran dan inovasi akan pentingnya mengolah dan memanfaatkan tanah dengan baik dan benar.

"Saya berusaha mencari jalan bagaimana bisa memberikan edukasi kepada masyarakat.  Alhamdulillah saat ini kami tembus di Swiss contact yang bergerak ditanaman cacao di bawah kendali dinas pertanian Kabupaten Bone dan dari sinilah di ajarkan masyarakat untuk bertani dengan benar dengan memberikan Pelatihan setiap satu kali seminggu, merawat dan tanaman kakao,Kata Salah Seorang pemuda Muh. Amin

Dengan potensi yang dimiliki wilayah tersebut masyarakat pun berharap kepada pemerintah agar memberikan sentuhan khusus, agar kakao di Bone menjadi penghasil kakao terbaik yang ada di Indonesia.

"Disini 99% masyarakatnya petani cacao maka dari itu perlu sekali adanya pembinaan untuk meningkatkan hasil produksi petani," Tambahnya.

HAMZIR/USMAN
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.