Lokakarya Disabilitas, Fahsar : Penyandang Disabilitas Adalah Prioritas Pemerintah

Bupati Bone Andi Fahsar M. Padjalangi saat menghadiri Lokakarya Disabilitas
BUGISWARTA.com, Bone--Pelaksanaan Lokakarya Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Bone yang digelar di salah satu Warkop di Kota Watampone Jalan Merdeka, Kelurahan Manurungnge yang dihadiri langsung oleh Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi. Senin 13 Maret 2017.

Ketua PPDI Bone Andi Takdir berharap agar pemerintah Kabupaten Bone peka terhadap penyandang disabilitas, karena ia menilai bahwa mayoritas penyandang disabilitas belum merasakan langsung bantuan dari pemerintah karena belum adanya data yang valid terkait dengan jumlah disabilitas di Kabupaten Bone.
"Data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) sebanyak 6000 lebih, sementara data yang ada di Dinas Sosial hanya sebanyak 3000 lebih. Makanya pemerintah harus tetap berkoordinasi antar instansi agar memiliki data yang valid", Takdir menjelaskan.
Takdir melanjutkan penyandang disabilitas mampu untuk melaksanakan program dalam meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Bone, namun perhatian pemerintah lebih besar kepada non-disabilitas daripada penyandang disabilitas.
"Disabilitas memiliki bakat yang luar biasa, namun pemerintah belum melirik sejauh mana bakat yang dimiliki, karena lebih memperhatikan non-disabilitas dibanding penyandang disabilitas", Takdir menerangkan.
Sementara itu, Bupati Bone, Andi Fahsar M. Padjalangi mengatakan bahwa dorongan dan desakan yang dilakukan oleh ketua Disabilitas Kabupaten Bone memberikan motivasi bagi pemerintah dalam mengembangkan bakat dan potensi yang dilimiki oleh penyandang disabilitas.
"Posisi disabilitas dan non-disabilitas itu sama, bahkan seharusnya pelayanan dan perhatian oleh pemerintah harus lebih besar untuk penyandang disabilitas", kata Fahsar
Mantan Wakil Bupati Bone tahun 2003-2008 ini menegaskan, agar Dinas Sosial melakukan pendataan secara maksimal kepada para penyandang disabilitas yang terdapat di Kabupaten Bone. Hal itu dilakukan agar segala jenis bakat dan potensi yang dimiliki mampu untuk dikembangkan karena itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Bone.

SYAHRUDDIN/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.