Citizen Reporter : Semrawut Penataan Parkir di Kampus UIN Alauddin Makassar

BUGISWARTA.com, GOWA -- Kendaraan yang berada di parkiran  kampus UIN Alauddin Makassar terlihat semrawut dan tidak tertata dengan rapid an teratur. Hal ini dikarenakan karena tidak adanya kesadaran para mahasiswa memarkir kendaraan  secara tertib.

Parkiran yang tidak teratur ditambah lagi  jikamusim hujan tentunya membuat jalan menjadi becek dan macet ketika ingin keluar dari area parkir tersebut. Karena kita harus berusaha payah memindahkan satu persatu kendaraan yang melintang.

Permasalahan penertiban parker di kampus inilah yang kini dialami civitas akademika kampus tepatnya di kampus dua gedung C. Para mahasiswa memarkir sepeda motor di sepanjang jalan, bahkan kebanyakan dari mereka mencari celah lahan untuk memarkir sepeda motornya.

Demikian ditegaskan oleh mahasiswa Fakultas Syari'ah dan hukum jurusan ilmu hukum, Ratna. S di temui di area parkir motor tepatnya di gedung C Kampus peradaban samata Gowa, Kamis (16/03/2017)

Dikawasan belakang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terlihan longgar namun kebanyakan mahasiswa   memilih parkir di dekat area gedung C, agar tidak terlalu jauh jalan,  ungakap alumni Madrasah Aliyah Negeri Polman 2014 ini.

Bukan hanya itu, masalahnya dengan sikap mahasiswa yang tidak memperhatikan kondisi parkir dan suka menaruh motor sembarangan. Kemudian seharusnya ada spanduk untuk mengingatkan kepada mereka agar memarkir secara tertib atau untuk lebih efektif dan mampu mengatasi permasalahan ini tentunya harus ada tukang parkir agar parkiran terlihat rapih dan motorpun juga aman .

Soal permintaan beberapa mahasiswa yang menginginkan agar adanya perluasan parkir, Ratna mengaku hal itu bias saja terjadi, namun lagi-lagi berujar pada dirinya bahwa itu semua akan sia-sia saja jika tidak ada  kesadaran para mahasiswa untuk parkir secara tertib.

"Pada sisi lain nampaknya perlu di pisahkan antara pejalan kaki dengan jalan kendaraan bermotor agar tidak terjadi ke macetan," tegasnya.

Menurut Nurlia selaku mahasiswa pendidikan bahasa arab Fakulatas Tarbiyah dan keguruan menjelaskan bahwa lahan parkir sering dikeluhan oleh pihak mahasiswa di karenakan banyak yang memarkir motor secara sembarangan, sehingga adanya kasus pencurian motor.

Hajrah Mahyuddin
Mahasiswa KPI FDK UIN Alauddin Makassar
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.