Catatan Sosialisasi Program Kabupaten Sehat KKL STISIP Muhammadiyah Sinjai Posko Bongki Lengkese

SINJAI, Bugiswarta.com---Mahasiswa KKL STISIP Muhammadiyah Sinjai Posko Desa Bongki Lengkese bekerjasama dengan Pemerintah Desa Bongki Lengkese, Sinjai Timur dan Yayasan Hadji Kalla menggelar Sosialisasi Program Kabupaten Sehat dan TOT Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang berlangsung di Kantor Desa Bongki Lengkese Kecamatan Sinjai Timur, Sabtu (18/3/2017).

Koordinator Desa KKL STISIP Muhammadiyah Sinjai Posko Desa Bongki Lengkese, Kasdiawati menjelaskan Sosialisasi yang digelar ini merupakan program wajib dari kegiatan KKL STISIP Muhammadiyah Sinjai Posko Desa Bongki Lengkese dimana sejalan dengan program Desa Bangkit Sejahtera (DBS) melalui Yayasan Hadji Kalla terkait Sosialisasi Sanitasi Lingkungan yang disertai praktek penjernihan air sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pola hidup sehat.

" Pemateri yang hadir adalah Ketua Forum Kabupaten Sehat, ibu Hj.A.Kartini Ottong serta Bapak Rahmat dan Bapak Heriyanto dari Yayasan Hadji Kalla yang memberikan materi tentang STBM dan Jamban Sehat, " Katanya.

Sementara itu Yasir Kasi Kesra Kantor Kecamatan Sinjai mewakili Camat Sinjai Timur dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana ini merupakan upaya untuk membangun dan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hidup sehat.

Kepala Desa Bongki Lengkese, A.Muh.Djamil dalam sambutannya mengharapkan agar para warga menyimak dengan baik materi yang disampaikan.

" Kita mengajak masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah dengan tanaman obat dan bunga-bungaan sehingga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, " Ujarnya.

Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hj.A.Kartini Ottong yang hadir menyampaikan materinya menyatakan Forum Kabupaten Sehat merupakan program pusat yaitu kerjasama dua kementerian yaitu Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan dimana diharapkan gaungnya hingga ke tingkat desa bahkan tingkat dusun.

" Di Sinjai, Forum Kabupaten Sehat terbentuk sejak 2013.Sosialisasi Forum ini telah tuntas di sembilan kecamatan sejak 2015 lalu.Dan kami berterimakasih kepada mahasiswa KKL STISIPM Sinjai telah menggelar kegiatan ini yang tentunya akan sangat menyentuh masyarakat ", Bebernya.

Ia menjelaskan lebih lanjut Forum Kabupaten Sehat Sinjai telah diakui oleh pemerintah pusat terbukti dengan diperolehnya verifikasi dan penghargaan tingkat Padapa.Rencananya tahun ini akan ditingkatkan menjadi Wiwerda.

Diketahui, terdapat tiga tingkatan penghargaan untuk Kabupaten Sehat yaitu tingkat Padapa, Wawerda dan Wistara.

Untuk itu ditargetkan, tahun 2017 seluruh desa dapat bebas jamban.Karenanya ia mengharapkan agar warga desa dapat meningkatkan gotong royong untuk membersihkan lingkungan, buang hajat pada jamban yang tersedia yang harus dibiasakan bukan di sungai atau di kebun.

Pemateri kegiatan, Rahmat,SKM dari Yayasan Hadji Kalla menjelaskan tentang 5 (lima) pilar yaitu stop BAB, cuci tangan yang bersih, pengolahan bahan makanan, pembuangan sampah, dan pengolahan limbah cair.
Sementara itu, pemateri Herianto menjelaskan tentang jamban sehat yang meliputi kriteria jamban Sehat. 

Irwan selaku pendamping desa dalam program Desa Bangkit Sejahtera menjelaskan bahwa untuk program jamban Yayasan Hadji Kalla memberikan 10 jamban untuk 10 KK secara bertahap, dimana untuk tahap pertama sebanyak 5 jamban dan tahap kedua sebanyak 5 jamban.Bantuan ini diberikan kepada warga sesuai dengan hasil observasi dan survey dengan memprioritaskan warga dengan tingkat pendapatan di bawah rata-rata dan yang memiliki anggota keluarga terbanyak.

IZHAR/DHEA/ MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.