15 Kampus di Makassar Ikut Sosialisasi Empat Pilar MPR RI


BUGISWARTA.com, Makassar---Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang kali pertamanya di tahun 2017 diselenggarakannya Sosialisasi Empat Pilar. Sebelumnya di tahun 2016 telah dilaksanakan di tiga provinsi. 


Sosialisasi Empat Pilar  ini, diselenggarakan langsung oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) dengan menggunakan metode outbond, adapun narasumber terdiri dari pimpinan MPR dan anggota MPR sebanyak 15 orang. Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar ini diikuti oleh 100 mahasiswa dari 15 Universitas di Sulawesi Selatan, dengan komposisi 51 laki-laki dan 49 perempuan. 


Adapun universitas yang berpartisipasi pada kegiatan ini yakni dari UIN 20 orang, Unhas 11 orang, UNM 10 orang, UIM 10 orang, Unismuh 6 orang, UMI 6 orang, STIE Nobel 4 orang, Universitas Bosowa 4 orang, YPUP MAkassar 4 orang, STMIK Akba 3 orang, Institut Parahikma 6 orang, Universitas Patria Arta 4 orang, STAI Yapis Takalar 4 orang, IAIN sinjai 4 orang, dan STAIN Palopo 4 orang.


Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 Maret – 26 Maret 2017 di Hotel Four Points By Sheraton Makassar meliputi, free tes, pos tes, silaturrahmi serta sosialisasi, penyampaian materi, diskusi atau study kasus, outbond, dan renungan. 

Panitia Penyelenggara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI berujar bahwa,

“Sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan metode outbond dilakukan dengan memadukan kegiatan yang sifatnya pengetahuan tentang nilai-nilai dan norma fundamental yang diselingi dengan permainan pembangunan yang lebih rileks dan menyenangkan, sehingga tidak menjenuhkan bagi para peserta. Metode ini dimaksudkan agar perpaduan tersebut dapat lebih mudah dicerna dan dipahami oleh para peserta”.

Selain itu, Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Prof. Dr. H. Musafir, M. Si. Mengatakan bahwa dengan diadakannya Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merasa berbangga dan bahagia bisa menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini.


Selain itu besar harapan kami agar kegiatan ini dapat menambah dan memperluas wawasan kebangsaan Mahasiswa, mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta tali silaturrahmi antar Mahasiswa, sehingga dapat mendorong terbentuknya kader-kader muda penerus bangsa yang memiliki integritas terhadap bangsa dan negara, serta memiliki nasionalisme dan petriotisme. 

“Kegiatan ini merupakan langkah konkrit MPR dalam rangka mengembangkan sasaran sosialisasi agar nilai-nilai dan norma fundamental negara dapat diketahui dan dipahami oleh Mahasiswa dan generasi muda”. Ujar Pimpinan Badan Sosialisasi Bapak Prof. Dr. Bachtiar Aly, MA yang sekaligus memberikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan ini.  

SYAHRIAH SYAHRIR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.