Sosiologi Fisip Unsa Perkuat Penelitian Mahasiswa

MAKASSAR, Bugiswarta.com – Sosiologi  Fisipol Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar mulai tahun2017 akan memperkuat kegiatan penelitian bagi mahasiswa.

Mahasiswa Program Studi Sosiologi diikutsertakan  dalam  kegiatan penelitian melalui Program Kreativitas Mahasiswa Karya Tulis (PKM-KT) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT

PKM-KT dan PKM-GT  ini adalah Program Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Direktort Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan  yang ditujukan kepada mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Ketua Program Studi  S1 Sosiologi Fisipol Unsa,  Adi Sumandiyar, S. Sos, M.Si, Minggu (12/2/2017) mengatakan,  diikutsertakannya mahasiswa dalam  kegiatan penelitian  di kampus,  karena selama ini atmospir akan dinamika bagi mahasiswa Sosiologi  utamanya yang terkait dengan penelitian masih relatif  lemah. tegas  kandidat doktor Sosiologi UNM.

Olehnya itu, dengan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa  dapat memberi daya saing yang kuat bagi mahasiswa. Dan tahun 2017 ini pula merupakan langkah awal  mengikutkan mahasiswa pada kegiatan PKM-KT dan PKM Gagasan.

Alhamdulillah sudah terupload satu judul penelitian mahasiswa, yang mengamati manusia becak yang ada di Makassar. Fenomena manusia becak di Makassar, menurut Adi yang juga penulis buku  Strategi Pengembangan Ekonomi Masyarakat, bahwa ini sebuah realitas sosial  bahwa betapa dahsatnya kemiskinan yang dialami oleh  seorang ibu manusia becak, tegas Ketua IKA Unsa Makassar ini.

Setiap hari ibu manusia becak ini, bisa di jumpai keliling di Jl Hertasning sambil mendorong becaknya, dan kemudian dua orang anaknya  yng masih kecil-kecil duduk diata becak yang didorongnya.Fenomen ini nantinya akan menjadi kajian bagi mahasiswa. "Kita berharap kajian-kaji sosial dan patologi sosial lebih banyak yang akan dikaji,"tandas magister perencaana kota PPs-Unhas ini.

Laporan Nasrullah
Editor Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.