Peringatan HJS 453, Sabirin Yahya Beberkan Sejumlah Keberhasilan Sinjai

SINJAI, Bugiswarta.com---Peringatan puncak HUT Kabupaten Sinjai yang ke-453 tahun 2017 dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Ir.H. Agus Arifin Nu'mang, MS yang didampingi Ketua DPRD Sulsel, Muh Roem, Asisten II Setprov Sulsel, Kadis Pertambang, Kadis Perikanan, serta Kepala Biro Pemerintahan Sulawesi Selatan.Senin, (27/2/2017).

Rombongan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan disambut oleh Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya-A. Fajar Yanwar dan Sekda Sinjai, H. Taiyeb A. Mappasere, Ketua DPRD Sinjai, Muh Haris Umar serta jajaran Forkopinda Kabupaten Sinjai di Rumah Jabatan Bupati Sinjai.

Puncak kegiatan hari jadi Kabupaten Sinjai ke 453 tahun ini diselenggarakan secara meriah dengan penampilkan antraksi kebudayaan lokal seperti tarian kolosal serta  atraksi drumband cilik yang diiringi oleh Drumband Gita Abdi Praja (GAP) Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Makassar, serta dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antara pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan pemerintah daerah Kabupaten Sinjai di bidang perikanan dan perdagangan dan SDM.

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dalam pidato sambutannya mengajak hadirin untuk kembali mengucapkan Alahamdulillah Rabbil Alamin, Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam, karena atas karunia dan izinnya sehingga kita dapat hadir bersama mengikuti acara puncak hari jadi Kabupaten Sinjai ke-453 tahun 2017 ini.

" Peringatan hari jadi Sinjai yangbkita laksanakan setiap tahun selalu kita sambut dengan suka cita sebab hari jadi Sinjai tidak hanya wadah untuk menyatakan rasa bahagia karena bertambahnya usia daerah, tetapi lebih dari itu, hari jadi Sinjai adalah momentum untuk menyegarkan kembali semangat kebersamaan, semangat persatuan dan bingkai "Assijai'na To Sinjai'E," ujarnya.

Lanjut dikatakan, hari jadi Sinjai kita persembahkan sebagai wadah mengekspresikan seluruh rasa cinta, rasa peduli serta kepedulian serta kebanggaan kita terhadap daerah ini. Kita bangga sebagai "To Sinjai" karena Sinjai memiliki sejarah besar di masa lalu bahkan memiliki peran dalam percaturan ekonomi, politik, dan sosial budaya serta sejarah Sulawesi Selatan dari zaman ke zaman.

" Semua itu dapat dicapai karena para pedahulu kita dari zaman ke zaman memegang teguh nilai kebersamaan, kejuangan, patriotisme, serta semangat kerja keras pantang menyerah 'RESOPA TEMMANGINGI, NAMALOMO NALETEI, PAMASE DEWATA SEWWA'E, " ungkapnya.

Ditambahkan, di hari jadi Sinjai tahun ini ekonomi daerah kita menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Laju pertumbuhan ekonomi tetap berada 7,54% atau jauh diatas rata-rata nasional, PDRB perkapita telah mencapai Rp 31,55 Juta pada tahun 2015, APBD meningkat tajam dari Rp 655 Miliyar pada tahun 2013 menjadi Rp 1,1 Triliun pada tahun 2016.

" Ditengah kondisi ekonomi negara yang tidak terlalu baik dari hasil Pendapatan, Alhamdulillah kita tetap dapat mempertahankan nilai APBD 2017, diatas Rp 1 Triliun lebih," sebutnya.

Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan yang dibacakan oleh Wakil Gubenur Sulawesi Selatan, Ir. H. Agus Arifin Nu'mang, MS menyampaikan permohonan maaf karena Gubernur, Syahrul Yasin Limpo tidak sempat hadir karena agenda lain di provinsi yang tidak bisa ditinggalkan.

"Selaku pemerintah provinsi Sulawesi Selatan berharap kepada seluruh elemwn masyarakat Kabupaten Sinjai agar dalam moment peringatan hari jadi Sinjai ini moment menjalin semangat kebersamaan yang telah dibangun para leluhur kita pada 453 tahun yang lalu. Bangsa yang besar adalah bangsa yang belajar dari sejarah, karena sejarah adalah cermin masa lalu dan proyeksi untuk membangun peradaban di masa akan datang," ungkapnya.

Agus lanjut mengatakan, kebesaran Sinjai di masa lalu harus mwnjadi sumber inspirasi dan pembangkit motivasi bagi masyrakat Kabupaten Sinjai sesuaidengan tema hari jadi tahun ini "Bersama Bekerja Nyata Membangun Sinjai".

" Untuk itu saya berharap agar peringatan hari jadi Sinjai tahun ini hendaknya kita bersama-sama bekerja nyata agar komitmen dalam rangka pengembangan berbagai kebijakan dan langkah-langkah yang dianggap signifikan menuju tercapainya peyelenggaraan pelayanan publik yang berkeadilan," harapnya.

HAR/USMAN
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.