Mahasiswa Unismuh Praktek Mengajar di Jakarta

P2K NASIONAL. Rombongan mahasiswa Unismuh Makassar dipimpin Dekan FKIP Dr Andi Sukri Syamsuri (duduk kelima dari kiri), diterima secara resmi oleh Dekan FKIP Uhamka Jakarta Dr Desvian Bandarsyah, di kampus Uhamka Jakarta, Sabtu, 25 Februari 2017.
JAKARTA, Bugiswarta.com -- Sebanyak 52 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar melaksanakan praktek mengajar selama satu bulan pada beberapa sekolah di Jakarta, melalui program Pengembangan Profesi Keguruan (P2K) Nasional atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pendidikan Nasional Persyarikatan Muhammadiyah.

Ke-52 mahasiswa tersebut terdiri atas mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi, mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, serta mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika.

"Program P2K Nasional ini terlaksana atas kerja sama FKIP Unismuh Makassar dengan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka). 

Mahasiswa Unismuh yang melaksanakan Program P2K ditempatkan di sekolah-sekolah mitra UMJ dan Uhamka," jelas Dekan FKIP Unismuh Makassar, Dr Andi Sukri Syamsuri, dan Wakil Dekan I FKIP Khaeruddin SPd MPd, dalam rilis yang diterima redaksi, Senin, 27 Februari 2017.

Andis–sapaan akrab Andi Sukri Syamsuri–mengatakan, Program P2K Nasional di Jakarta sudah dua tahun berturut-turut dilaksanakan FKIP Unismuh Makassar, tetapi tahun lalu P2K dilaksanakan bekerjasama Uhamka.

"Tahun lalu kerjasamanya dengan Uhamka, tapi tahun ini kami juga bekerjasama dengan UMJ," ungkapnya.

Sebelum diterjunkan ke sekolah-sekolah untuk praktek mengajar, mahasiswa FKIP Unismuh yang didampingi Dekan Andi Sukri Syamsuri, Wakil Dekan I Khaeruddin, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Unismuh Erwin Akib PhD, serta beberapa dosen FKIP, terlebih dahulu diterima secara resmi di Kampus UMJ dan di Kampus Uhamka.

Di Kampus UMJ, mereka diterima oleh Wakil Rektor I A Kahar Maranjaya, Dekan FIP Dr Herwina Bahar, serta Ketua BPH Husni Thoyar, sedangkan di Uhamka, mereka diterima oleh Dekan FKIP Dr Desvian Bandarsyah, serta unsur pimpinan fakultas lainnya.

"Mahasiswa butuh wawasan yang lebih luas dan perbandingan dengan perguruan tinggi lain, inilah yang mendasari sehingga kami mengadakan P2K Nasional. Malah kami juga punya program P2K Internasional dan itu sudah tiga tahun kami laksanakan," papar Andis.

Khusus P2K reguler, katanya, FKIP Unismuh Makassar menerjunkan 1.500 mahasiswa Sulawesi Selatan, terdiri atas 700 mahasiswa di Kabupaten Maros, serta 800 mahasiswa di Pangkep.

Laporan Asnawin
Editor Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.