Bendungan Langkemme Soppeng, Pesona Objek Wisata Alam Eksotis

Potret Bendungan Langkemme/Usman Al-Khair
BUGISWARTA.com, Soppeng--Bendungan Langkemme yang diresmikan oleh Soeharto Presiden ke-2 Republik Indonesia yang terletak di Kabupaten Soppeng menambah daya tarik sendiri bagi para pengunjung. Pasalnya bendungan ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai Taman Wisata Bumi Latemmamala. Jadi jangan heran bila tempat ini sering dikunjungi oleh orang luar daerah hanya untuk melihat pemandangan yang ada di sekeliling bendungan tersebut.
Bendungan Langkemme yang kerap kali dijadikan sebagai tempat latihan penanggulangan bencana alam
Udara yang begitu segar tanpa disertai dengan polusi, deretan pegunungan yang dikelilingi dengan pepohonan yang rimbun serta sawah yang berpetak-petak menambah pesona eksotis dan kealamian disekitar bendungan yang terletak di Desa Watu Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan ini.

Bukan hanya itu, sekitar tujuh kilometer dari lokasi bendungan tersebut juga terdapat air terjun yang belum dijamah dan diketahui oleh banyak orang, ditambah lagi masyarakat yang berdomisili di Dusun Langkemme ini, sangat ramah dan bersahabat dengan para pengunjung.

Bendungan yang mengairi area persawahan hingga 6400 ha di Kabupaten Soppeng ini juga kadang dijadikan sebagai tempat camping/berkemah oleh kelompok pecinta alam yang ingin merasakan pesona alam di Bendungan Langkemme.

Salah satu warga setempat yang bernama Mansur yang ditemui oleh bugiswarta.com berharap agar semua pihak memelihara bendungan tersebut lantaran disamping memiliki pesona wisata yang indah juga memiliki berkah untuk petani di Kabupaten Soppeng.

"Minimal keterlibatan pemerintah desa untuk selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga hutan yang berfungsi sebagai penetrasi air juga memelihara agar aliran air tetap stabil", kata Mansur berharap.

Baginya aset masyarakat Soppeng ini tidak bisa dianggap remeh dan harus dikelola dengan serius, yakni sebaiknya semua pihak yang ada di Kabupaten Soppeng dari berbagai kalangan mempunyai kesadaran untuk melestarikan hutan.

USMAN AL-KHAIR/MULIANA AMRI

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.