4 Tahun Memimpin, Tangan Dingin Sabirin Yahya -Andi Fajar Yanwar Majukan Sinjai disegala Sektor

Bupati Sinjai H.Sabirin Yahya Dan Wakil Bupati Andi Fajar Yanwar
SINJAI, Bugiswarta.com---Memasuki tahun keempat kepemimpinan H. Sabirin Yahya - H. A. Fajar Yanwar (SBY-FAJAR), selaku Bupati dan Wakil Bupati sinjai, jelas sekali terlihat bahwa perkembangan pembangunan di sinjai mengalami kemajuan signifikan. 

Indikatornya tidak hanya dapat dilihat dalam perspektif angka-angka statistik yang bersifat kuantitatif, namun juga dinamika politik kemasyarakatan yang cenderung semakin kondusif, serta pembangunan di segala bidang yang secara kualitatif dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Selain memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat sinjai, beliau juga mempunyai hasrat untuk unggul, hal ini terbukti pada pencapaian hasil pembangunan daerah 4 tahun masa kepemimpinannya. Dalam setiap keputusan yang diambil, beliau selalu menginginkan yang terbaik bagi masyarakat dan daerahnya, tentunya karena beliau memiliki jiwa perfeksionis dan motivasi tinggi dalam target yang harus dicapainya. 

Di samping itu, pribadinya yang pandai bergaul, fleksibel dan cepat beradaptasi membuat dirinya mudah dalam membangun komunikasi dengan masyarakat dari berbagai kalangan tanpa memandang status dan stratifikasi sosial.

Berikut petikan wawancara Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya

Tahun 2017 merupakan tahun keempat kepemimpinan Anda, Bagaimana sinergitas SBY-FAJAR dalam membangun Sinjai ?

Tahun 2017 merupakan tahun keempat kebersamaan saya dengan Andi Fajar Yanwar, selaku Bupati dan Wakil Bupati Sinjai tentu kami selalu bersinergi dalam membangun sinjai dan mewujudkan visi dan misi kami yaitu "SINJAI BERSATU YANG SEJAHTERA, UNGGUL DALAM KUALITAS HIDUP, TERDEPAN DALAM PELAYANAN PUBLIK". Hal ini menjadikan tahun 2017 layak disebut tahun akselerasi, dimana tahun ini akan banyak diisi oleh agenda-agenda percepatan pencapaian program pembangunan. 

Sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017, maka telah ditetapkan  beberapa arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sinjai selama setahun yaitu meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, meningkatkan derajat kesehatan dan sistem pelayanan kesehatan, mengoptimalkan pelayanan terpadu, memaksimalkan penanggulangan kemiskinan, melakasanakan pengembangan prestasi pemuda dan olahraga, melakasanakan pemberdayaan perempuan dan anak, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan desa, serta melakukan revitalisasi  kebudayaan daerah.

Pada tahun ini pula, kita berhasil merampungkan pembangunan TUGU SINJAI BERSATU yang berada tepat di jantung kota Kabupaten Sinjai.Tentu ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sinjai dan sekaligus menjadi Icon baru di kabupaten Sinjai.

Sedangkan pada bidang perhubungan, kita telah berhasil mewujudkan tertib dan kesadaran berlalulintas sebagai wujud kerjasama dengan Kepolisian Republik Indonesia dengan meraih Penghargaan tertinggi di bidang perhubungan yaitu WTN Penuh karena kita dapat mempertahankan tingkat kesadaran berlalulintas dengan meraih Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk kelima kalinya secara berturut-turut dari Pemerintah Pusat.

Seperti apa upaya yang Anda lakukan untuk mendukung percepatan pencapaian arah kebijakan pembangunan Kabupaten Sinjai ?

Untuk mendukung percepatan pencapaian arah kebijakan, kami sudah melakukan upaya di berbagai bidang seperti pada bidang pendidikan. Pemerintah Daerah akan melaksanakan penyebaran tenaga pendidik pada semua jenjang pendidikan secara merata, meningkatkan bantuan dana  pendidikan pada level sekolah perguruan tinggi, serta meningkatkan kualitas pengelolaan  pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah. Tahun ini telah dianggarkan 4 Milyar untuk dana pendidikan tingkat Sekolah Dasar dan tingkat Sekolah Menengah Pertama. 

Sedangkan pada bidang Kesehatan, akan diupayakan perbaikan terhadap sistem Jaminan Kesehatan bagi masyarakat, pengembangan pola hidup  sehat  secara berkelanjutan  dalam lingkungan masyarakat, perbaikan pelayanan kesehatan di berbagai level termasuk peningkatan kualitas pelaku pelayanan kesehatan, serta perluasan jangkauan layanan ambulans di setiap kecamatan, dan  pengadaan mobil jenazah di delapan kecamatan di Kabupaten Sinjai sudah diwujudkan. 

Selain itu, kami juga tingkatkan prasarana pendukung pelayanan kesehatan yang menyerap anggaran dari DAK sebesar Rp.42,11 Milyar lebih. Total anggaran tersebut akan terbagi dalam program peningkatan pelayanan kesehatan dasar, pelayanan kesehatan rujukan, kefarmasian dan keluarga berencana.
Apa agenda Pemerintah daerah dalam program kerja tahun 2017 ?

Masalah kemiskinan juga masih menjadi salah satu agenda dalam pelaksanaan program kerja tahun 2017, diantaranya  dengan fokus pada perbaikan sistem penanggulangan kemiskinan. Program ini sendiri telah dilaksanakan dengan baik di tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai upaya memaksimalkan penanggulangan kemiskinan, maka pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk melakukan perbaikan sistem berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, maka pada tahun ini pemerintah menyiapkan anggaran APBD sebesar Rp. 5 Milyar untuk program pengentasan kemiskinan dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat. 

Pelaksanaan kebijakan ini diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan pada SKPD teknis dan lebih ditekankan pada upaya peningkatan pendapatan keluarga miskin.
Apa masalah sosial lainnya yang akan menjadi fokus pemerintah di tahun ini ?

Masalah sosial lainnya yang akan menjadi fokus di tahun 2017 adalah perbaikan sistem penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial. Selain isu-isu di bidang social, pemerintah daerah juga tak lupa untuk fokus  pada pengembangan bidang pemuda dan kebudayaan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, maka pemerintah daerah akan fokus pada peningkatan prestasi pemuda dan olahraga, serta melakukan pelestarian dan  pengembangan unsur-unsur nilai dan norma budaya, kearifan lokal, kesenian daerah dan keragaman budaya lainnya.

Sebagai bentuk  pelestarian terhadap situs-situs peninggalan sejarah, maka pemerintah akan memberikan perhatian pada benda dan kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Sinjai.
Seperti apa menyikapi Pembangunan Infrastruktur ?

Infrastruktur amat penting, dengan penyediaan infrastuktur yang cukup, dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan tahun ini, di bidang infrastruktur, pemerintah kabupaten sinjai sudah menyiapkan anggaran 88 Milyar untuk pembangunan jalan hotmix, sepanjang 60 Km. 

Selain membangun jalan, di tahun 2017 kelanjutan program dan kegiatan dalam rangka penataan kawasan perkotaan juga tetap akan memperoleh alokasi. Penataan ini diarahkan pada penataan drainase dan trotoar serta beberapa ruas jalan dalam ibukota kabupaten.

Di samping itu, Pemerintah daerah juga menyiapkan anggaran 4,8 Milyar untuk pengembangan prasarana pasar tradisional, dan pembangunan pasar, peningkatan bidang perekonomian pada tahun 2017, juga tetap diprioritaskan.

Pada bidang pertanian, alokasi dana infrastruktur pertanian tahun depan direncanakan sebesar 25 Milyar lebih yang akann direalisasikan dalam bentuk pembangunan infrastruktur pertanian serta pengadaan prasarana produksi teknologi pertanian tepat guna.

Untuk peningkatan perekonomian di sektor perikanan, tahun ini juga akan dilaksanakan pembangunan Sentra Industri Kecil Menengah Perikanan. Dengan alokasi anggaran 3 Milyar, akan dibangun prasarana pusat pengolahan hasil produksi perikanan.

Harapan publik akan pengembangan sektor kepariwisataan, tahun depan dapat kita jawab dalam bentuk program peningkatan sarana destinasi pariwisata. Dengan alokasi 1,25 Milyar lebih, akan dilaksanakan pembangunan dan pengembangan sarana serta prasarana obyek wisata pulau Larea-rea di Kecamatan Pulau Sembilan.
Apa harapan Anda pada program yang akan dilaksanakan di tahun 2017 ?

Jadi seluruh program yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2017 diharapakan mampu mendorong akselerasi  terhadap pencapaian target-target pembangunan yang telah dirumuskan berdasarkan visi dan misi pemerintah kabupaten sinjai

Untuk itu, dengan Semangat Hari Jadi Sinjai Ke-453 "Bersama Bekerja Nyata Membangun Sinjai" dan semangat Sinjai Bersatu, kita satukan langkah dan memandang masa depan dengan penuh harapan, dan tetap menjadikan nilai-nilai kearifan budaya lokal sebagai inspirasi dalam mewujudkan karya dan pengabdian terbaik bagi daerah ini.(HAR)
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.