Sebelum Ditangkap, ini Kronologi Warga Saukang Dapatkan Oknum PNS Pungli

Warga Desa Saukang Yang Sempat Mencari Oknum Pelaku Pungli Seharian (Dok.Izhar)

SINJAI, Bugiswarta.com---Zulkifli (30) PNS yang juga sekretaris lurah balangnipa Sinjai utara ini hampir saja dihajar oleh warga karna lantaran diduga kuat telah melakukan pungutan liar (Pungli) dengan modus akan menguruskan warga Kartu Kis dengan pengurusan yang cepat. Selasa, (31/1/2017).

Warga yang kesal terpaksa mengejar dan mencari tau pelaku karna dijanji sore terbit namun belum juga datang membawakan Kartu Kis, akhirnya warga mendapati oknum berada di Kantornya di kantor Lurah balangnipa setelah sempat mencari selama seharian.

Lukman (38) mengaku dirinya dihubungi istrinya jika ada oknum PNS yang bisa membuatkan kartu Kis dengan cepat dengan membayar sebesar Rp.27.500 per orang.

" saya di kantor dihubungi istri jika ada yang bisa membuatkan kartu Kis dengan cepat dan hari itu juga bisa langsung terbit, makanya saya pulang cepat karna saya tau jika itu tidak benar pas sampai di rumah orangnya sudah tidak ada maka saya cari seharian dan menemukannya di kantor lurah balangnipa tidak taunya ini oknum ternyata Sekretaris lurah juga, " Ujar Lukman.

Menurut pengakuan warga Desa Saukang Umar (42) jika dirinya telah memberikan uang sebanyak Rp.165.000 untuk pengurusan BPJS Kis 6 orang anggota keluarganya.

" Saya didatangi oleh oleh dia (Zulkifli) dan mengatakan jika mau cepat pengurusan BPJS Kis gratis maka cukup stor uang sebesar Rp.27.500/orang karna meyakinkan apalagi memakai baju PNS serta motor dinas sehingga saya yakin, " Pukasnya.

Hal yang sama yang dialami oleh Syahrir 65 tahun, dirinya juga telah didatangi oleh oknum sekretaris lurah tersebut dan menyerahkan dana sebesar RP220 ribu.

"Dia (Pak Sekretaris Lurah) datang dirumah saya dan mengajak saya untuk mengurus kartu KIS, dan kalau melalui dirinya pengurusan kartu KIS akan cepat selesai, tentu saya mau pak, apalagi urusannya cepat dan sore katanya sudah bisa terbit " Katanya.

Laporan : Izhar
Editor.    : Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.