Puto Manggolo Gelar Prof Darman Manda dari Ammatoa Kajang

MAKASSAR, Bugiswarta.com -- Ketua Prodi S2 IPS PPs-UNM, Prof.Dr. Darman Manda, M.Hum, Minggu (15/1/2017) di dalam kawasan tanah adat Kajang Bulukumba diberi gelar Puto Manggolo, dari pemimpin tertinggi komunitas Kajang, Ammatoa Puto Palasa.

Pemberian gelar ini selaku warga kehormatan merupakan yang kedua dari civitas akademika UNM, sebelumnya yang pertama adalah Prof Dr Andi Agustang, M.Si dengan gelar Puto Sabang diberikan, pada 24 Nopember 2013  di tempat yang sama oleh Ammatoa Puto Palasa.

Kehadiran Guru Besar pertama antropologi UNM di Kajang itu dalam kaitan mendampingi mahasiswa S2 Pendidikan Hukum dan Kewarganegaran angkatan 2015 peserta mata kuliah, antropologi hukum (hukum adat).

Ditemui di ruang kerjanya PPs-UNM, Kamis (20/1/2017) kepada media Darman Manda menjelaskan, pemberian gelar kehormatan sekaligus menjadi tanggung jawab untuk menjaga dan merawatnya.

Puto Palasa usai pemberian gelar itu mengatakan, gelar itu diberikan kepada orang yang sangat dihormati. Gelar Puto Manggolo adalah merupakan nama leluhur atau kakek dari Puto Palasa, tandas Darman.

Makna Puto Manggolo pada bahasa Konjo komunitas Orang Kajang, orang yang berkarakter jujur dan menegakkan kebenaran.

Darman Manda lahir di Polewali 3 Januari 1965. Tamat SD dan SMP di Barru. Tamat SMA 5 Makassar 1984. Sarjana sejarah FPIPS IKIP Ujung Pandang 1989.  S2 Universitas Padjadjaran Bandung 1996. Short Course, La Trobe University, Bendigo Victoria  Australia, tahun 1997.  S3 Antropologi PPs-Unhas 2007

Laporan : Yahya
Editor : Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.