Musrenbangdes di Soppeng, Stakeholder Bahas 15 Program Prioritas Pembangunan Desa

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa dan Kelurahan se Kabupaten Soppeng memasuki hari kedua. Di Kecamatan Lilirilau, Desa Paroto dan Palangiseng menggelar Musrenbang sebagai tahapan perencanaan pembangunan untuk tahun 2018.

Bersama dengan stakeholder diantaranya aparat desa setempat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa ( LPMD) Paroto, tokoh masyarakat dan agama, perwakilan Bapelitbanda dan SKPD lingkup kabupaten Soppeng, Musrenbang Desa tersebut membahas 15 program kegiatan prioritas yang merupakan hasil pra Musrenbang yang telah dilakukan sebelumnya.

"15 program ini merupakan prioritas namun tidak didanai oleh anggaran desa, dan mulai dari urutan 1 sampai 15 telah dirangking berdasarkan tingkat kebutuhan, kami berharap nantinya ditingkat kecamatan usulan kami dapat diterima" kata Kades Paroto, Makmur saat memberikan penjelasan saat Musrenbang di aula Kantor Desa Paroto, Selasa (31/01/2017).

Beberapa program kegiatan pembangunan desa Paroto yang dibahas diantaranya mengenai peningkatan jalan, pembangunan perpustakaan dan pagar beberapa sekolah, pengadaan sumur bor, dan pembangunan jembatan gantung, serta beberapa program kegiatan lainnya.

Pihak Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Soppeng (Bapelitbanda) yang diwakili oleh Kasubid Penelitian dan Pengembangan Bidang Fisik Prasarana, Inaya, SE, MSi menuturkan bahwa dalam Musrenbang tingkat desa mengusulkan 15 program kegiatan prioritas yang akan dibawa pada Musrenbang tingkat kecamatan, dan nantinya akan dipilih lagi 35 kegiatan prioritas untuk selanjutnya dibahas pada Musrenbang tingkat Kabupaten.

"Perencanaan pembangunan dimulai dari tahap perencanaan, Musrenbang kali ini merupakan tahapan awal atau proses dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018 Kab. Soppeng yang mengusung tema Peningkatan Pelayanan Umum dan Pemerataan Kesejahteraan" tutur Inaya.

Diapun menambahkan bahwa RKPD 2018 yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD) sekaligus akan menjadi tahun kedua dari perjalanan RPJMD Kab. Soppeng dalam 5 tahun mendatang dimana dalam RPJMD itu memuat visi dan misi pemerintahan Soppeng yang dinahkodai oleh Bupati Andi Kaswadi Razak.

  1. Laporan Usman Al-Khair
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.