Irigasi Kalamisu Kering , Warga Sinjai Datangi Dinas PSDA Sulsel

Warga Sinjai Saat Mendatangi Dinas PSDA Sulsel (Dok.Joe)

SINJAI, Bugiswarta.com---Warga Desa Sinjai didampingi Wakil Ketua DPRD Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong dan anggota DPRD, Chaeril Anwar, Sekwan DPRD Sinjai Lukman Mannan mendatangi Kantor Dinas PSDA Provinsi Sulawesi Selatan (20/1) Makassar. Sabtu, (21/1/2017).

Kedatangan warga ke Dinas PSDA tersebut, membawa aspirasi warga yang sawahnya berada dihilir Pengairan Kalamisu.

salah seorang warga dari Desa Kampala Sinjai timur Jumain mempertanyakan pengelolaan dan pemeliharaan irigasi kalamisu yang selama ini belum memberikan dampak bagi produktivitas sektor pertanian di Sinjai sehingga petani di desanya terancam gagal panen karena sawahnya tidak lagi teraliri air dari irigasi Kalamisu.

" Jika dalam 10 hari Kedepan sawah yang berada di hilir tidak dialiri air,maka petani terancam gagal panen, Pemerintah harus tanggap, " Katanya.

Senada dengan itu Presidum Sinjai Geram Malik Zain menuturkan tidak sampainya air hingga dihilir diduga karena ada petani di tempat tertentu yang memonopoli penggunaan air. Ini pertanda bahwa petugas pintu air tidak bekerja secara maksimal.

Sementara itu, Hj. A. Kartini  mengharapkan kepada instansi terkait untuk segera menindaklanjuti hasil pertemuan ini , dan meminta kepada Dinas PU Sinjai untuk segera mencarikan langkah-langkah taktis, sehingga kekhawatiran besar akan gagal panen di daerah hilir akibat tidak berfungsinya pengairan Kalamisu dapat diatasi.

Khairil Anwar Anggota DPRD Sinjai juga berjanji akan terus mengawal aspirasi ini.

" Ini bukan lagi soal dapil, ini sudah soal kemanusiaan pemerintah tidak boleh mengabaikan dengan hal seperti ini, " Pukasnya.

Dinas PSDA Propinsi Sulsel Burhanuddin Akib meminta agar Dinas Pekerjaan Umum Sinjai mengatur petugas penjaga air yang ada, dan penggajiannya tetap ditanggung pihak propinsi.

" Tidak mengalirnya air hingga ke hilir disebabkan karena pemeliharaan jaringan yang tidak maksimal karena adanya pemangkasan dana APBN untuk pemeliharaan jaringan Irigasi Kalamisu." Kuncinya.

Laporan. : Izhar
Editor.     : Usman
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.