Dinsos Harap Lurah dan Desa Libatkan RT/RW dalam Pengusulan Kartu Macca

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Dinas Sosial Kabupaten Soppeng melalui sekretaris Dinas Sosial Sudani Endang, S ‎mengharapakan agar penyaluran dan pengusulan kartu Macca tidak menuai polemik diharapkan dalam verifikasi pengusulan melibatkan RT dan RW setempat.

"Karena jika tidak itu akan menuai masalah, tapi itu kan wewenangnya Desa dan Lurah, dalam mengusulkan," Bebernya

Kartu Macca pada dasarnya terintegrasi langsung dengan penerima beras miskin dengan jumlah 14.623, jadi penerima raskin pasti mengantongi kartu Macca.

‎"Kita tidak bisa intervensi tekhnisnya, tapi pihak dinas mengimbau dalam verifikasi lurah dan desa melibatkan RT/RW jangan sepihak, karena itu pasti muncul riak-riak dikemudian hari,apalagi jika ada tendensi politik desa" Kata Sudani Endang, S mengulangi.

Senada HA Zulkifli mengatakan dalam verifikasi pengusulan kartu Macca harus melalui Musyawarah Desa, dengan melibatkan komponen-komponen Desa.

"Nanti akan dipantau saat pengusulan, penerima Kartu Macca," terangnya.

Dia menambahkan jika penerima kartu Macca sekaligus penerima kartu kis, atau BPJS itu akan langsung ter‎deteksi dalam sistem aplikasi kartu Macca,"Jadi akan ada digugurkan, apakah dalam layanan kartu Macca dalam layanan kesehatan, atau pada kartu Kis dan BPJS-nya,dilihat saja mana yang paling memenuhi Syarat" Bebernya.

‎Bukan hanya itu sistem dalam aplikasi yang dibangun kartu Macca sangat membantu pemerintah daerah dalam hal inidinas sosial karena semua mampu dilihat dalam aplikasi data penerima by name by adreas.

"Semua datanya lengkap, jadi ini sangat membantu, apalagi kalau sudah dilabelisasi rumah penerima raskin, yang kemudian hari meminta untuk dibuka label-nya karena masuk kategori mampu, itu akan semakin memudahkan,"jelasnya.

Laporan Usman Al-Khair

Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.