Di Soroti kopel Minim Anggaran Kompetensi Guru, Pemkab Sinjai Bantah

Foto Guru ( Ilustrasi Net)

SINJAI,Bugiswarta.com---Adanya sorotan Komite Pemantau Legislatif ( KOPEL ) Sinjai terhadap Kebijakan pendidikan Pemda Sinjai, yang belum fokus membenahi sistem pendidikan secara menyeluruh di Kabupaten Sinjai, khususnya dalam hal kompetensi guru ditanggapi Dinas Pendidikan Sinjai. Rabu, (11/1/2017)

Pelaksana tugas ( PLT ) Dinas Pendidikan Sinjai Andi Halilintar Badong mengatakan anggaran yang dipersiapkan Pemda sudah luar biasa karena sudah banyak guru yang bersertifikasi, serta sudah serius menangani secara keseluruhan pada jenjang pendidikan terutama pada peningkatan kompetensi guru.

" Saya belum terlalu tahu banyak terkait sistem pengelolaan anggaran di Dinas Pendidikan karena saya baru di sini. Namun anggaran itu kami nilai sudah cukup sisa dilakukan evaluasi seberapa besar mamfaat anggaran itu. Karena Pemda menganggarkan sesuai dengan kebutuhan anggaran yang diusulkan SKPD terkait, " Ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Advokasi Keuangan Daerah KOPEL Sinjai Ahmad Tang mengatakan Ketidakseriusan pemkab terlihat dari masih minimnya anggaran untuk peningkatan kompotensi guru, padahal dari data Uji Kompetensi Guru tahun 2015, Sinjai hanya berada di urutan ke 16 dari 24 kab/kota dengan nilai UKG 51,69 atau masih jauh dari standar nasional yang berada pada nilai UKG 56,69.

" Anggaran yang dialokasikan untuk peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan sertifikasi pendidik hanya 0,1 persen  atau sekitar Rp. 198 juta dari belanja sektor pendidikan tahun 2017, anggaran ini masih sangat rendah jika Pemerintah Daerah ingin meningkatkan kompetensi guru di Kabupaten Sinjai," Ujarnya.

Laporan.   : Izhar
Editor.       : Usman Al-Khair
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.