Ayo Ke Soppeng!!! Saksikan Ritual Adat Maccera' Tappareng -->
Cari Berita

Ayo Ke Soppeng!!! Saksikan Ritual Adat Maccera' Tappareng

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak (Istimewa)
SOPPENG, Bugiswarta.com -- ‎Salah satu budaya dan adat istiadat yang masih terpelihara di Kabupaten Soppeng sejak zaman kerajaan hingga masa pemerintahan masa kini adalah Maccera' Tappareng di Kacamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan yang diagendakan pada  31/7/2016 mendatang

Maccera' Tappareng‎ Merupakan adat istiadat warga setempat sebagai wujud kesukuran atas reski yang ia dapatkan dalam kurung waktu setiap tahun sehingga ritual ini menjadi agenda tahunan.

Ritual ni akan memberikan bentuk sesajen berupa kepala Kerbau atau kepala sapi ditengah danau tempe‎, beserta jenis-jenis makanan lain khas bugis.

‎Bupati Soppeng H Andi Kaswadi Razak kepada bugiswarta.com menceritakan bahwa kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan warga setempat yang disaksikan oleh masyarakat yang berada disekitar lokasi tersebut.

"Itu disaksikan banyak warga, yang berada disekitar lokasi, baik dari Wajo, Sidrap dan Soppeng sendiri," Kata Andi Dulli sapaan masyarakat Soppeng ke Bupati ini.

Selanjutnya kata dia kegiatan tersebut bakal dirangkai dengan lomba Ketinting (perahu kecil berkecepatan tinggi dengan menggunakan mesin) serta lomba perahu kecil tanpa mesin.

"Nanti kita akan rangkai kegiatan tersebut dengan lomba balap perahu kecil, dengan hadiah motor," ungkapnya.

Senada disampaikan Wakil Bupati Soppeng bahwa kegiatan tersebut bakal disaksikan oleh banyak orang baik dari Masyarakat Soppeng maupun dari luar Soppeng.

"Ini budaya yang masih terpelihara sejak Zaman kerajaan, ‎dan kali ini bakal disaksikan banyak orang dari luar Soppeng," paparnya.

Usman Al-Khair