"Tenrekeng" Gangguan Makhluk Halus ? -->
Cari Berita

"Tenrekeng" Gangguan Makhluk Halus ?

(ILUSTRASI/INT)
Watampone, BW - Pada saat tidur terkadang kita mengalami gangguan.  Didalam tidur, terasa sadar dan melihat suatu kejadian, namun ironisnya kita tidak bisa berbuat apa-apa. Tangan  tidak bisa bergerak membantu, kaki  tidak bisa berlari, mulut  seakan terkunci namun ingin sekali berteriak. Kalau anda pernah mengalami hal demikian, maka dalam istilah bugis itu dinamakan "ternrekeng" (tindihan-red)

Nenek moyang kita terdahulu "Tenrekeng" merupakan perbuatan mkhluk halus yang mendekap diwaktu tidur. Makhluk halus yang mengikat tangan dan kaki sehingga orang tidak bisa berbuat apa-apa, sehingga nenek moyang berpesan ketika mendapatkan orang yang tenrekeng jangan disentuh dengan tangan karena bisa mengakibatkan orang itu meninggal, tapi bangunkan dia dengan memukul dengan bantal sehingga makhluk halusnya bisa melepaskan orang yang disekap (orang tenrekeng).


Namun ternyata kasus tenrekeng ini dapat dijelaskan secara ilmiah yang disebut sleep paralysis dan tidak ada sangkut pautnya dengan makhluk astral yang kabarnya mendekap atau menduduki dada seseorang yang sudah tidur sehingga hanya dapat membelalakkan mata saja namun tidak dapat bergerak, berbicara atau juga sampai ada yang tidak dapat bernapas.

Menurut peneliti yang dikutip  dalam situs wikipedia.org, penyebab tenrekeng yakni ketika seseorang mendadak sadar dari tidur, tetapi otot-otot tubuhnya masih dalam kondisi ultra-relaksasi. Akibatnya, tubuh seolah-olah ditindih sesuatu sehingga tidak bisa bergerak sama sekali padahal tidak sedang tidur.

Dijelaskan pula bahwa ketika seseorang mengalami tindihan dan seperti mendengar atau melihat sesuatu, sebenarnya hal itu adalah visualisasi mimpi yang menurutnya adalah benar, padahal hal itu merupakan mimpi orang yang bersangkutan atau tidak nyata.

Seseorang dapat mengalami sleep paralysis atau tenrekeng dikarenakan beberapa faktor antara lain insomnia dan kurang tidur, jadwal tidur tidak teratur, tidur telentang, stres, depresi, kecapekan dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Sisi bahaya dari tenrekeng adalah dapat membuat seseorang meninggal dunia karena tidak dapat bernapas. Para peneliti menjelaskan bahwa seketika tubuh tidak dapat digerakkan, mulut tidak dapat mengeluarkan suara dan napas menjadi tertahan, orang yang bersangkutan akan merasa panik karena dia juga berhalusinasi ada sosok yang mencoba membunuhnya. Namun hal tersebut merupakan efek dari psychosomatic atau efek pikiran manusia waktu dalam keadaan stres dan tertekan.Dengan mengalami efek psychosomatic, maka tekanan darah akan semakin naik, detak jantung sangat cepat sampai dengan kesakitan pada bagian dada dan kepala.

Sehingga dapat dikatakan bahwa tenrekeng itu adalah ulah makhluk halus adalah persepsi yang salah karena hal tersebut hanyalah gangguan tidur serta halusinasi pada diri manusia saja.

Laporan : La Rumpa
Editor : La Barakka